Grup B Liga Europa

Kalahkan Bordeaux, Liverpool Raih Tiket Babak 32-Besar Liga Europa

Patrick Pinaria    •    Jumat, 27 Nov 2015 05:24 WIB
liga europa
Kalahkan Bordeaux, Liverpool Raih Tiket Babak 32-Besar Liga Europa
Para pemain Liverpool merayakan gol Christian Benteke saat menghadapi Bordeaux (Foto: AP/Jon Super)

Metrotvnews.com, Liverpool: Liverpool memetik angka penuh saat menjamu Girondins De Bordeaux pada matchday 5 fase grup B Liga Europa 2015--2016, Jumat 27 November. The Reds sukses menang dengan skor 2-1.

Kemenangan tersebut membuat Liverpool memimpin klasemen sementara Grup B dengan mengoleksi sembilan poin. Mereka terpaut satu poin dari FC Sion yang menempati peringkat kedua klasemen. 

Dengan begini, The Reds dipastikan lolos ke babak 32-besar karena perolehan poin mereka sudah tak bisa dikejar tim lain seperti Rubin Kazan (5 poin) dan Bordeaux (3 poin) yang menempati peringkat ketiga dan keempat. 

Liverpool sebetulnya tak mudah meraih catatan positif ini. Meski bermain sebagai tuan rumah, klub besutan Juergen Klopp tersebut kesulitan meladeni perlawanan Bordeaux.

Catatan statistik mencatat, Liverpool hanya bermain penguasaan bola 48 persen. Dalam jumlah peluang, mereka lebih unggul dengan melepaskan empat tembakan mengarah ke gawang dari 11 peluang yang diciptakan. Sedangkan Bordeaux hanya melepaskan dua tembakan mengarah ke gawang dari 13 peluang.

Laga berjalan alot. Liverpool dan Bordeaux tak mampu menciptakan gol setelah beberapa kali menciptakan peluang berbahaya. 

Tim tamu, Bordeaux menciptakan kejutan. Pada menit ke-33, mereka mampu menciptakan keunggulan lewat Henri Saivet. Ia sukses menceploskan bola ke gawang lewat tendangan bebasnya yang mengarah ke pojok kanan gawang.

Namun, ketertinggalan tak membuat para pemain Liverpool patah arang. Mereka sukses menyamakan kedudukan selang lima menit lewat hukuman penalti James Milner. Hukuman penalti diberikan setelah bek Bordeaux Ludovic Sane melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti.

Memasuki menit injury time babak pertama, Liverpool sukses membalikkan keadaan setelah Christian Benteke mencatatkan namanya di papan skor. Mendapat umpan dari Nathaniel Clyne, striker asal Belgia itu melepaskan tembakan ke pojok kanan gawang penalti.

Liverpool mencoba tampil menggebrak di awal babak kedua. Beberapa kali, mereka menciptakan peluang lewat Benteke. Bordeux juga tak mau kalah. Mereka juga mendapat beberapa peluang dari Contento dan Maurice-Belay.

Namun, upaya kedua tim tidak ada yang membuahkan gol hingga laga usai. Skor 2-1 tetap bertahan untuk kemenangan Liverpool.

Susunan pemain kedua tim:

Liverpool: Mignolet; Clyne, Toure, Lovren, Moreno; Milner (c), Lucas, Allen; Ibe, Firmino; Benteke. 

Bordeaux: Carrasso; Poko, Sane (c), Yambere, Contento; Plasil, Chantome, Saivet, Rolan; Jussie, Crivelli. 


(PAT)