Mensos: Rumah Tanpa Sekat Picu Inses

Yogi Bayu Aji    •    Jumat, 27 Nov 2015 08:09 WIB
pencabulan
Mensos: Rumah Tanpa Sekat Picu Inses
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memberikan arahan sebelum menutup evaluasi pelaksanaan program Rastra di Jakarta, Kamis (26/11). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa angkat bicara soal rumah tanpa sekat ruang. Dia menilai hal itu memicu hubungan seks sedarah alias inses.

"Rumah sekotak, kamar tidak ada, dapur tidak ada, kamar tidur tidak ada, di situlah potensi inses terjadi," kata Khofifah di Jakarta, Kamis (26/11/2015).

Rumah tanpa sekat itu, kata dia, tergolong kurang layak huni. Jika ditarik benang merahnya, hal ini terkait dengan kemiskinan.

Sebagai gambaran, masih kata Khofifah, keluarga miskin yang tinggal di rumah sepetak dengan sembilan sampai 12 anak sehingga memperbesar berisiko terjadi kasus inses. Khofifah mencontohkan di Lampung terdapat kasus tiga anak dari sembilan bersaudara diinses ayahnya.

Dalam kasus lain, lanjut dia, seorang istri melaporkan suaminya karena telah melakukan inses terhadap anak dan cucunya. Setelah dimejahijaukan, sang istri justru meminta maaf karena dia akhirnya tidak mendapatkan nafkah dari suami.

Untuk mengurangi kasus inses, kata Mensos, harus dilakukan intervensi dengan mengurangi angka kemiskinan dan kesenjangan sosial. Salah satunya dengan pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH).

"Sebagai contoh, penerima PKH 90 persen itu rumahnya tidak berkamar," kata dia. (Antara)

 


(OGI)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

16 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA