Merekam Jejak Relawan Pendidikan

   •    Jumat, 27 Nov 2015 11:17 WIB
pendidikan
Merekam Jejak Relawan Pendidikan
Salah satu kegiatan Sekolah Raya. Foto: Sekolah Raya

Metrotvnews.com, Jakarta: Jambore Relawan Sekolah Raya kembali digelar. Tema jambore tahun ini Merekam Jejak Relawan.

Merekam Jejak Relawan bertujuan menuliskan kembali pengalaman-pengalaman para relawan pendidikan di Indonesia dan mempelajari polanya. Lalu, pola-pola tersebut diformulasikan menjadi suatu desain kurikulum pendidikan.

Desain kurikulum pendidikan yang akan dihasilkan tentunya diharapkan sejalan dengan semangat Sekolah Raya dalam mewujudkan basis pendidikan dengan media utama adalah alam dan budaya.

Merekam Jejak Relawan merupakan satu kesatuan dan keberlanjutan dari Jambore Relawan Sekolah Raya 2014 yang bertema Visioning Sekolah Raya.

Tahun lalu Jambore Relawan Sekolah Raya diikuti 50 peserta dari wilayah Jakarta, Bekasi, dan Malang. Tahun ini, 100 orang memastikan akan hadir.

Mereka bukan hanya dari penggiat literasi dan pendidikan (rumah baca dan komunitas) yang berdomisili di Jabodetabek dan Pulau Jawa, melainkan dari Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Nusa Tenggara Timur, dan Papua.

Jambore Relawan Sekolah Raya 2015 menghadirkan narasumber dengan kompetensi di bidang kepenulisan. Mereka adalah Muhammad Farhan (presenter), Ahmad Fuadi (penulis), Fauzan Mukrim (penulis), Stanley Meulen (penulis), Indah Julianti Sibarani (blogger), dan Yosep (jurnalis).

Acara ini digelar 28 dan 29 November di Sekolah Dhuafa-Sekolah Alam Anak Sholeh/Rumah Baca HOS Tjokroaminoto, Vila Mutiara Gading Blok H, Desa Setia Asih, Tarumajaya, Bekasi.


(TRK)