Gus Tutut Resmi Jabat Ketum GP Ansor

Ahmad Mustaqim    •    Jumat, 27 Nov 2015 12:11 WIB
gp ansor
Gus Tutut Resmi Jabat Ketum GP Ansor
Gus Tutut (kiri) Ketua Umum GP Ansor terpilih, berjabat tangan dengan mantan Ketua Umum Nusron Wahid. (Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Yaqut Cholil Coumas (Gus Tutut) terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor 2015-2020. Kongres XV di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, Sleman, Yogyakarta itupun berlangsung lebih cepat dari yang dijadwalkan.

"Mengesahkan Yaqut Cholil Coumas sebagai Ketua Gerakan Pemuda Ansor dengan wewenang mengemban hak dan kewajibannya," kata Nusron Wahid saat mengesahkan, Jumat (27/11/2015).

Sebelum terpilih, Gus Tutut mendapat dukungan sebagian besar dari GP Ansor tingkat pimpinan cabang maupun wilayah. Dari total 376 pimpinan cabang, sebanyak 361 pimpinan cabang mengusulkan Gus Tutut sebagai calon tunggal. Selain itu, ada juga sebanyak 30 pimpinan wilayah GP Ansor (dari total 31 pimpinan wilayah) yang memberikan dukungan.

Setelah diusulkan menjadi calon tunggal, Nusron Wahid yang memimpin sidang melanjutnya ke proses pengesahan. Padahal, sebelumnya sempat muncul kekhawatiran kongres bakal ricuh. Sebab, sempat muncul penolakan pada sistem pemilihan secara Ahlul Halli wal Aqli (Ahwa) oleh sejumlah peserta. Bahkan ada spanduk penolakan di sekitaran lokasi kongres. Namun, di ruang kongres, kekhawatiran itu tak terjadi.

"Sesuai tata tertib pemilihan umum, jika terdapat calon tunggal maka calon tunggal langsung ditetapkan secara aklamasi," ujar Nusron yang sudah menjadi ketua umum demisioner.

Yaqut Cholil Coumas merupakan anggota DPR RI Komisi X. Gus Tutut lahir di Rembang pada 4 Januari 1975. Ia juga merupakan pengurus pusat GP Ansor sejak 2000. Sebelum menjadi Ketua Umum, dia menjabat Ketua Bidang Pimpinan Pusat GP Ansor.

Dalam sambutannya, Gus Tutut menyanjung tinggi Nusron selama memimpin kepengurusan. Menurut dia, Nusron mampu menyampaikan pencapaian tinggi dalam memimpin GP Ansor.

"Saya optimis dan yakin, tak ada yang mustahil untuk melakukan capaian tinggi. Lupakan semua friksi atau perselisihjan jika terjadi agar bisa menyamai kepengurusan Nusron Wahid," kata dia.


(SAN)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

1 hour Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA