BEI Minta Sekuritas Aktif Jadi Penjamin Emisi Perusahaan UKM

Husen Miftahudin    •    Jumat, 27 Nov 2015 12:52 WIB
ukm
BEI Minta Sekuritas Aktif Jadi Penjamin Emisi Perusahaan UKM
BEI minta sekuritas aktif jadi penjamin emisi perusahaan UKM. (ANTARAFOTO: FENY)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bursa Efek Indonesia (BEI) meminta Sekuritas aktif menjadi penjamin emisi pada perusahaan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan perusahaan rintisan (start up company). Hal tersebut mendorong agar pendanaan UKM dilakukan lewat pasar modal.

Direktur Pengembangan BEI Nicky Hogan mengakui, sebenarnya perusahaan UKM dan rintisan telah memenuhi syarat mencari pendanaan melalui pasar modal. Ketentuan nilai aset perusahaan yang ditetapkan BEI berada di ambang perusahaan-perusahaan UKM.

"Saat ini aset minimal yang disyaratkan BEI sebenarnya di kelas UKM. Mungkin yang dibutuhkan teman-teman Sekuritas bertindak sebagai penjamin emisi atau bersedia membantu meng-underwrite perusahaan UKM seperti itu karena regulasi. Tapi kan regulasinya juga sudah," ujar Nicky ditemui di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Kawasan SCBD, Jalan Jenderal Sudirman Kav 52-53, Jakarta Selatan, Jumat (27/11/2015).

Seharusnya, tegas dia, Sekuritas mau menjadi penjamin dari UKM lantaran perusahaan tersebut mampu memberi keuntungan. Di banyak negara pun perusahaan UKM lumrah menjadi perusahaan yang terbuka atau go public untuk mencari tambahan modal.

"Karena UKM perusahaan mikro dan lain-lain di seluruh dunia semua berjalan seperti itu. Jadi size seperti itu sudah umum di seluruh dunia," tutur dia.

Ia menegaskan bahwa BEI sendiri telah aktif mendorong UKM dan start up company masuk pasar modal. Di antaranya, membentuk divisi khusus yang menangani perusahaan berkelas UKM dan start up company.

"Kita sudah ada divisi khusus UKM dan start up company. Kita sudah bentuk divisi itu tahun ini. Selama ini tetap ditangani tapi kita mau fokus pada divisi khusus," pungkas Nicky.


(AHL)

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

1 hour Ago

Langkah tersebut tercantum dalam ketentuan Pasal 65 KUHAP terkait dengan pemanggilan saksi meri…

BERITA LAINNYA