Bagaimana Pandangan Vendor Terhadap Aplikasi Pihak Ketiga Bawaan Ponsel?

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 27 Nov 2015 13:48 WIB
software and technology
Bagaimana Pandangan Vendor Terhadap Aplikasi Pihak Ketiga Bawaan Ponsel?
Bloatware sering dianggap sebagai aplikasi pengganggu (gambar: gogadgetx)

Metrotvnews.com: Karena mudah untuk dimodifikasi, ponsel berbasiskan Android seringkali hadir dengan aplikasi pihak ketiga berdasarkan pengaturan standarnya.

Aplikasi pihak ketiga yang seringkali disebut dengan bloatware tersebut dihadirkan dengan maksud untuk memperkaya pengalaman penggunaan ponsel secara langsung saat pertama kali dinyalakan.

ASUS sebagai salah satu produsen ponsel pun sempat menanggapi hal tersebut. Menurut CEO ASUS Jerry Shen, keberadaan aplikasi pihak ketiga pada ponsel dihadirkan dengan maksud untuk memudahkan serta meningkatkan pengalaman penggunanya.

"Aplikasi atau aplikasi tersebut ada untuk memudahkan penggunanya. Data yang kami miliki juga menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna ponsel kami menyukai aplikasi bawan yang kami hadirkan di ponsel kami."

"Namun kami tidak menyangkal bila sebagian orang tidak menyukainya. Itulah mengapa kami berusaha menyederhanakan aplikasi tersebut agar mudah digunakan semua orang," ujar Jerry wawancara eksklusif dengan Metrotvnews.com pada acara Zenfestival minggu lalu.

Sementara itu, melalui sang CEO Indonesia, produsen smartphone asal Tiongkok Coolpad menyatakan tidak akan menanamkan banyak aplikasi pihak ketiga dalam semua produk mereka. Kebijakan ini dimaksudkan untuk menjaga antarmuka Android mereka tetap ringan.

"Kami tidak menanamkan banyak aplikasi pihak ketiga pada smartphone yang kami pasarkan di Indonesia. Hanya aplikasi esensial seperti SwiftKey yang kami tanamkan," ujar CEO Coolpad Indonesia, Jeeves Jiang kepada Metrovnews.com beberapa waktu lalu.

Keberadaan aplikasi pihak ketiga atau bloatware memang tidak disukai oleh sebagian pengguna ponsel. Hal tersebut dikarenakan aplikasi tersebut tidak dibutuhkan oleh pengguna, serta dianggap membebani kinerja dan mengurangi kapasitas penyimpanan ponsel. Bagaimana menurut Anda?


(MMI)