Apel Banjir Peringatan untuk Warga Jakarta

Deny Irwanto    •    Jumat, 27 Nov 2015 13:20 WIB
banjir jakarta
Apel Banjir Peringatan untuk Warga Jakarta
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian. (Foto:MI/Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apel siaga banjir yang dilakukan Polda Metro Jaya bersama 20 ribu personil gabungan menjadi peringatan untuk semua stakeholder dan warga Jakarta. Semua pihak diminta mewaspadai musibah banjir yang terjadi tiap tahun di Ibu Kota.
 
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian mengatakan, semua stakeholder dan masyrakat harus berpartisipasi menanggulangi banjir, serta masalah yang ditimbulkan. Instansi yang diminta terlibat antara lain Pemerintah Provinsi DKI, Dinas Perhubungan dan Transportasi, Satuan Polisi Pamong Praja dan dari unsur militer.
 
"Saya sudah perintahkan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyusun konsep Satgas agar tidak bekerja sendiri-sendiri. Ini kontijensi. Jadi harus melibatkan teman-teman yang lain," Kata Tito usai menggelar apel di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (27/11/2015).
 
Tito mengatakan, sampai saat pihaknya sedang menyusun konsep satgas banjir. Nantinya, setiap instansi memiliki peran masing-masing dalam menanggulangi banjir di DKI Jakarta. "Satgasnya belum terbentuk. Kita buat secepatnya. Kalau bisa dalam dua minggu ini," ujar Tito.
 
Tito mengungkapkan, ada dua masalah umum yang terjadi ketika musim hujan datang, yaitu banjir dan genangan air yang menyebabkan kemacetan. Polda Metro Jaya telah membentuk satgas untuk mengatasi masalah itu.
 
"Khusus genangan air dan kemacetan lalu lintas, saya sudah minta jajaran lalu lintas dan Kepolisian Resor untuk membuat satgas. Mereka (satgas) selalu siap siaga, agar masyarakat dapat beraktivitas dengan lancar," kata Tito.


(FZN)