BI Optimistis RUU JPSK Rampung Akhir 2015

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 27 Nov 2015 15:07 WIB
jpsk
BI Optimistis RUU JPSK Rampung Akhir 2015
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) optimistis jika penyelesaian pembahasan Rancangan Undang-Undang Jaring Pengaman Sistem Keuangan (RUU JPSK) akan diselesaikan sebelum akhir 2015 ini.

"Saya rasa sebelum akhir tahun sudah selesai (RUU JPSK)," kata Gubernur BI Agus Martowardojo, ditemui di Kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta Pusat, Jumat (27/11/2015).

Agus menjelaskan, finalisasi mengenai pengambil keputusan dalam menangani bank bermasalah terus diselesaikan dalam diskusi oleh pemerintah bersama dengan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

Dirinya menambahkan, persoalan penentuan keputusan apakah bank bermasalah diputuskan oleh Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK) atau berada di tangan Presiden merupakan keputusan politik yang ditentukan di Komisi XI DPR RI.

"Itu nanti hasil diskusi dari pemerintah dengan Komisi XI DPR. Jadi, apakah itu akan diputuskan di FKSSK atau di Presiden. Itu nanti diskusi dan keputusan politik di situ," jelas dia.

Sebelumnya, Ketua Komisi XI Fadel Muhammad mengungkapkan, salah satu fokus utama dalam pembahasan RUU JPSK adalah masalah tanggung jawab ketika krisis. Menurut dia, Presiden harus dilibatkan sebagai penanggungjawab penanganan krisis.

"Harus ada Presiden. Kalau ada apa-apa Presiden yang tanggung jawab. Presiden yang katakan darurat," ujar Fadel beberapa waktu lalu.


(ABD)