Rudyatmo-Purnomo Enggan Ikut Kampanye Bersama Pilkada Solo

Pythag Kurniati    •    Jumat, 27 Nov 2015 16:09 WIB
pilkada serentak
Rudyatmo-Purnomo Enggan Ikut Kampanye Bersama Pilkada Solo
Calon Wali Kota Solo, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Salah satu pasangan calon Wali Kota Solo, Jawa Tengah dipastikan tidak mengikuti kampanye bersama yang digelar KPU setempat. Kepastian ini diperoleh dari keterangan resmi tim pemenangan FX Hadi Rudyatmo-Achmad Purnomo.

Ketua Tim Pemenang pasangan calon nomor urut 2 itu, Putut Gunawan menyatakan, jagoannya tidak ikut kampanye bersama. Dia beralasan mendapat masukan dari musyawarah pimpinan daerah (muspida). Kampanye bersama dikhawatirkan memunculkan gesekan-gesekan yang dapat mengganggu keamanan Pilkada.

"Kita tidak ikut, hal tersebut sesuai saran dari muspida. Ditambah dalam rapat koordinasi muncul saran-saran lagi dan akhirnya kita putuskan tidak ikut serta dalam kampanye bersama," ujarnya, Jumat (27/11/2015).

Tidak ikutnya pasangan nomor urut dua itu disayangkan tim dari pasangan Anung Indro Susanto-Muhammad Fajri. Bila yang dikhawatirkan soal keamanan, KPU diminta merumuskan format yang baik. 

"Kalau salah satu tidak ikut, itu namanya bukan kampanye bersama. Kampanye bersama tidak selalu dengan pengerahan massa," papar Ketua Tim Pemenangan Anung-Indro, Sugeng Riyanto. 

Sementara, Komisioner Divisi Hukum, Pengawasan, Pencalonan dan Kampanye KPU Solo, Nurul Sutarti mengungkapkan untuk mengubah maupun menentukan format harus melalui rapat pleno terlebih dahulu. Yang jelas, kampanye bersama merupakan salah satu tahapan wajib dalam pilkada.

"Nanti akan kami bicarakan dalam rapat pleno, namun untuk tanggal, sejauh ini masih sesuai jadwal yakni tanggal 5," kata dia.

Pilkada Kota Solo 2015 diramaikan dua pasang calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Pasangan nomor urut satu, Anung Indro Susanto-Muhammad Fajri diusung oleh Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, PPP, PAN dan PKS. Sedangkan pasangan calon nomor urut dua, FX Hadi Rudyatmo-Achmad Purnomo sebagai petahana diusung PDIP.


(SAN)