Tips Performa Mesin

Pahami Untung Ruginya Bore-Up Mesin Motor

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 27 Nov 2015 17:19 WIB
tips motor
Pahami Untung Ruginya <i>Bore-Up</i> Mesin Motor
Pahami untung ruginya melakukan bore up mesin motor. MTVN/A Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Untuk sebagian orang, mengendarai sepeda motor dalam kondisi standar pabrik kurang memuaskan. Utamanya dari sisi tenaga dan torsi mesin, yang terasa kurang mantap.

Alhasil banyak cara dilakukan penggemar roda dua, mulai dari pasang komponen aftermarket dengan embel-embel racing atau high performance, hingga melakukan bore-up mesin.

Bore-up sendiri menjadi cara instan untuk mendapatkan tenaga dan torsi lebih besar. Pasalnya campuran bahan bakar yang masuk lebih banyak, otomatis daya ledaknya lebih besar yang berujung pada peningkatan tenaga dan torsi mesin.

Selain membuat sendiri dengan memperbesar liner piston dan mengganti ukuran piston yang lebih besar di bengkel bubut, sekarang juga banyak tersedia paket-paket bore-up. Konsumen tinggal pilih dan pasang saja, komponen bawaan motor pun aman.

Tapi apa saja untung-rugi memperbesar kapasitas mesin ini? "Kalau dari sisi plusnya, tenaga dan torsi meningkat. Kalau di skutik, bensin juga bisa lebih irit karena bukaan gas tidak perlu besar motor sudah lebih cepat naiknya," buka Heri Prasetyawan, dari bengkel Jaw's Speed.

Selain itu, kecepatan puncak ikut bertambah. "Kalau untuk harian idealnya naik 20-30 cc saja, paling tinggal penyesuaian rasio kompresi, karena ruang bakar juga jadi lebih padat," sambungnya.

Minusnya? Pertama garansi mesin sudah pasti hilang. "Terus harus sering-sering cek dan ganti oli supaya mesin tetap awet," beber pebengkel di kawasan Beji, Depok ini. Lalu jika ada masalah internal mesin, bengkel resmi tidak bisa menghandel.

Menurut Heri, antara beli paketan bore-up atau order khusus ke bengkel lebih bagus order khusus. "Karena bisa sesuaikan kualitas bahan yang mau dipakai, seperti piston dan boringan," jelasnya. Kalau beli paketan, tidak tahu bahannya pakai apa.

Nah, kalau sudah paham untung-ruginya, silahkan bore-up mesin motornya, biar makin melesat. Bagi Anda yang berada di Depok dan sekitarnya, bisa sambangi punya bengkel Jaw's Speed. Silahkan dikontak 089601742711, untuk konsultasi terlebih dahulu.


(UDA)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

21 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA