Gatot-Evy Ajukan Diri Sebagai Justice Collaborator

Achmad Zulfikar Fazli    •    Jumat, 27 Nov 2015 17:43 WIB
gatot pujo nugroho
Gatot-Evy Ajukan Diri Sebagai <i>Justice Collaborator</i>
Gatot dan Evy sebelum ditetapkan sebagai tersangka---Ant/Akbar Nugroho

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur nonaktif Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho dan istri keduanya, Evy Susanti, mengajukan diri sebagai Justice Collaborator (JC) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Permohonan disampaikan langsung Gatot dan Evy melalui surat tertulis.

Yanuar P. Wasesa, kuasa hukum kedua tersangka, mengakui kliennya sudah mengirim surat tersebut. "Iya, tapi tidak lewat saya. Beliau membuat surat sendiri, kira-kira tiga hari lalu," kata Yanuar saat dikonfirmasi, Jumat (27/11/2015).

Politikus PDI Perjuangan ini enggan merinci perihal pengajuan JC kedua kliennya ini. Yanuar mengaku, tidak tahu alasan dan maksud Gatot dan Evy yang mengajukan diri.

Evy mengiyakan soal pengajuan dirinya dan Gatot sebagai JC. "Sudah," kata Evy singkat di Gedung KPK, Jalan H.R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat siang.

Evy terjerat dua kasus di KPK. Sementara Gatot tersandung tiga kasus. Dalam kasus suap hakim PTUN Medan dan gratifikasi bansos Sumut, pasangan suami istri itu menjadi tersangka pemberi suap. Sedangkan dalam kasus suap DPRD, Gatot menjadi tersangka bersama lima anggota DPRD Sumut.


(TII)