Pengamat Nilai Arifin Akuisisi Newmont Sekadar Bicara

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 27 Nov 2015 17:54 WIB
newmont
Pengamat Nilai Arifin Akuisisi Newmont Sekadar Bicara
Pengamat Pasar Modal Yanuar Rizky (MI/Gino F Hadi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Isu bos PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) Arifin Panigoro yang berencana mengakuisisi sebanyak 76 persen saham milik PT Newmont Nusa Tenggara dinilai hanya sekadar berbicara saja. Bahkan, hal itu dianggap tindakan menekan ke pemegang saham pengendali Newmont agar melepas saham yang dimilikinya.

‎"Apa sih tujuannya? Kalau mau ngomong boleh-boleh saja.‎ Kalau mau benar bicara sama saham pengendali, Rizal dan Arifin mau ambil bicara sama mereka. Tapi, apa mereka sudah bicara? Apa memang cuma mau menekan ke mereka, supaya memberikan sinyal ke Newmont, dan dijual sahamnya?" kata Pengamat Pasar Modal Yanuar Rizky, kepada Metrotvnews.com, Jumat (27/11/2015).

Saat ini, keseluruhan saham Newmont Nusa Tenggara dimiliki oleh PT Nusa Tenggara Partnership B.V (NTP BV) sebanyak 56 persen, sebanyak 24 persen dimiliki PT Multi Daerah Bintang, sebanyak 17,8 persen‎ dimiliki PT Pukuafu Indah (PTFI), dan sebanyak 2,2 persen dimiliki PT Indonesia Masbaga Investama. Sementara itu, untuk saham NTB V sebanyak 56 persen masing-masing banyak dimiliki oleh Newmont Mining Corp (NMC) dan Sumitomo Corp.

"Orang ingin beli bisa saja, minta beli bisa, momentum terjadinya jual beli itu apa. Akan beli itu kan ada momentum jual dari yang punya. Tapi ini belum, karena yang membeli (bos Medco) mau menyapu bersih pemegang saham pengendali NMC dan Sumitomo. Jadi, mereka sudah ngomongkah, apakah cuma sebatas ingin beli, dan tidak tahu kapan terjadi," tegas dia.

Menurutnya, pemegang saham pengendali Newmont Nusa Tenggara belum menunjukkan ada aksi korporasi. Sehingga, aksi ini merupakan semu, dan tidak terlihat kenyataannya.

‎"Kalau tidak ada aksi korporasi dari NMC sama Sumitomo, ya sekedar ngomong mau beli saja. Karenanya kita tanyakan lagi pernyataan itu ke Arifin Panigoro dan pengendali saham. Tapi, kita tunggu saja buktinya 1-2 bulan, apakah aksi itu nyata atau tidak," pungkasnya.


(ABD)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA