Tempatkan Sekondan di MKD, Golkar Hindari Novanto Dizalimi

Al Abrar    •    Jumat, 27 Nov 2015 18:22 WIB
pencatut nama presiden
Tempatkan Sekondan di MKD, Golkar Hindari Novanto Dizalimi
Setya Novanto di Gedung KPK----MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Fraksi Partai Golkar merotasi tiga anggotanya di Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Salah satu anggota yang diganti adalah Hardisoesilo yang merupakan Wakil Ketua MKD. Hardi diganti Kahar Muzakir, kolega dekat Ketua DPR Setya Novanto.

Sekretaris Fraksi Golkar Bambang Soesatyo menerangkan, pihaknya sengaja menempatkan Kahar Muzakir, Adies Kadir dan Ridwan Bae di MKD. Tujuannya, buat menghindari penzaliman terhadap Novanto.

"Proses di MKD harus berjalan profesional, terbuka bagi publik (transparan) dan adil. Tanpa penzaliman, fitnah dan kriminalisasi," kata Bamsoet, sapaan Bambang, kepada Metrotvnews.com, Jumat (27/11/2015).

Tak hanya buat menghindari penzaliman buat Novanto, Bamsoet mengatakan, pergantian ini buat memperkuat posisi Golkar di Mahkamah. Sebab, Bamsoet menyebut, dalam rekaman pembicaraan yang diduga dilakukan Setya Novanto, Maroef Sjamsuddin dan Muhammad Reza Chalid, ada nama penting lain yang disebut.

Tapi jika dalam sidang itu terbukti Novanto melanggar etika, Bamsoet mengaku, Golkar tak akan konyol membela Novanto. Untuk itu, Bamsoet meminta, sidang MKD digelar terbuka.

"Golkar akan mendukung sepenuhnya apapun yang menjadi keputusan MKD," sambung anggota Komisi III ini.

Kemarin, tiga anggota Golkar di MKD diganti. Ketiganya adalah Hardisoesilo, Budi Supriyati dan Dadang S. Muchtar. Mereka digantikan Kahar Muzakir, Adies Kadir, dan Ridwan Bae. Nama Kahar barang tentu tak asing. Pria paruh baya itu dikenal dekat dengan Setya. Hal itu terungkap dalam kesaksian mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Riau Lukman Abbas di Pengadilan Tipikor Pekanbaru Riau, 9 Januari 2014.

Lukman menuturkan, awal mula kasus penyuapan ke anggota DPR terjadi sekitar Januari 2012. Saat itu dirinya diajak Rusli Zainal ke kantor DPR di Senayan.

"Dalam pertemuan itu, Pak Novanto di hadapan semua orang berjanji membantu terkait dukungan dana dari APBN. Kemudian untuk teknisnya dia menyarankan agar diurus Kahar Muzakir," kata Lukman saat menjadi saksi di bawah sumpah.

Hampir dua tahun berlalu, dugaan kedekatan Kahar dan Novanto kembali mencuat. Kahar tiba-tiba menjadi pengganti Hardi di posisi Wakil Ketua MKD.


(TII)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA