Makan Tahu Bisa Mencegah Kanker dan Turunkan Berat Badan

   •    Jumat, 27 Nov 2015 18:48 WIB
kesehatan
Makan Tahu Bisa Mencegah Kanker dan Turunkan Berat Badan
Tahu bisa memberi manfaat kesehatan. (foto:cereshealthfoods.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seakan menjadi makanan merakyat, tahu dan tempe dikenal sebagai hidangan yang tak terpisahkan. Berbeda dengan tempe, varian tahu lebih banyak. Ada tahu berwarna, putih, kuning ataupun coklat. 

Pada dasarnya, semua jenis tahu itu bergizi. Tahu menggunakan bahan dasar kedelai yang kaya protein, mineral dan kalsium. Tahu juga populer dengan sebutan 'daging tak bertulang' mengingat kandungan keduanya hampir serupa.

Sebenarnya, tahu juga punya peran dalam mengurangi tanda-tanda awal penuaan. Bukan hanya itu saja, masih banyak sederet manfaat yang tahu tawarkan untuk Anda.

1. Kurangi berat badan
Tahu rendah kolesterol dan lemak yang berarti makan tahu tidak membuat Anda menaikkan berat badan. Peptin yang hadir dalam tahu juga mampu membakar lemak yang tersimpan dalam tubuh Anda.

2. Cegah diabetes tipe 2
Menyantap dua tofu sehari mampu mengurangi risiko diabetes bahkan mengatur tingkat insulin agar tetap bekerja efektif.

3. Mencegah kanker
Senyawa flavonoid dan isoflavonoid ada di dalam tahu. Mereka dikenal sebagai senyawa yang mencegah pertumbuhan sel kanker. Di sisi lain, genistein yang tahu miliki juga mencegah pertumbuhan tumor terutama di prostat dan payudara.

4. Bagus untuk jantung
Jika dikonsumsi secara teratur, tahu mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung lainnya. Ini juga secara efektif terbukti mengurangi kolesterol berbahaya dalam darah dan meningkatkan tingkat LDL (kolesterol baik).

5. Sistem kekebalan tubuh meningkat
Tahu makanan sehat yang kaya vitamin, nutrisi dan mineral yang membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Imunitas yang besar akan membasmi berbagai macam penyakit. Berarti, makan tahu sama saja memastikan tubuh tetap sehat. (Sumarni/Boldsky)


(LOV)