Tahun Depan Bandara Kulon Progo Mulai Dibangun

Patricia Vicka    •    Jumat, 27 Nov 2015 20:06 WIB
bandara
Tahun Depan Bandara Kulon Progo Mulai Dibangun
Bandara lama Kulon Progo. Foto: Antara

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pemerintah pusat dan Pemerintah DIY akan mempercepat proses pembangunan Bandara baru di Temon, Kulon Progo, Yogyakarta. Untuk itu Sri Sultan Hamengkubuwono X mengimbau jajarannya untuk memulai pembangunan bandara para pertengahan 2016.

"Persiapan dipercepat. Diharapkan pertengahan tahun depan sudah clear masalah tanah (pengukuran, inventarisasi, dan pergantian rugi)," ujar Sultan HB X, di kantor DPRD Yogyakarta, Jumat (27/11/2015). Ia berharap agar pertengahan tahun depan pengeboran tanah untuk konstruksi sudah mulai dilakukan.

Sebelumnya, proses pembebasan lahan dan ganti rugi ditargetkan selesai pada kuartal kedua 2016. Sejalan dengan pembangunan bandara, akan dibangun infrastruktur menuju bandara yang biayanya ditanggung pemerintah pusat.

Kepala Dinas Perhubungan dan Informasi DIY, Sigit Haryanta, mengaku sedang menunggu keluarnya peraturan presiden yang mengatur soal pembangunan infrastruktur tersebut.

"Untuk mempercepat pembangunan rel kereta api ke Bandara Kulon Progo ada baiknya dengan perpres. Sehingga lebih mudah menganggarkannya. Dan anggaran dari pusat lebih mudah dicairkan," kata Sigit.

Apalagi, lanjutnya, perpres tersebut akan memperkuat perjanjian soal infrastruktur ke bandara baru yang sudah ditandatangani Gubernur DIY dengan Kementerian Perhubungan. Perpres tersebut kini tengah digodok dipusat. "Pak Wapres kemarin mengatakan akan dirapatkan. Hasilnya seminggu atau dua miggu kemudian," kata dia.


(UWA)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA