Piala Jenderal Sudirman 2015

Ditekuk PBFC, Persib Tersingkir dari Piala Jenderal Sudirman

Achmad Firdaus    •    Jumat, 27 Nov 2015 22:23 WIB
liga indonesiapiala jenderal sudirman
Ditekuk PBFC, Persib Tersingkir dari Piala Jenderal Sudirman
Bek PBFC Diego Michiels melakukan tekel kepada striker Persib Ilija Spasojevic pada laga penyisihan Grup C Piala Jenderal Sudirman. Kalah 0-2, Persib dipastikan gagal lolos ke perempat final (Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Kiprah juara Piala Presiden, Persib Bandung di ajang Piala Jenderal Sudirman akhirnya berakhir. Skuat Maung Bandung dipastikan gagal lolos ke babak perempat final usai ditaklukkan Pusamania Borneo FC dengan skor cukup meyakinkan, 2-0.

Bertanding di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jumat 27 November 2015 malam WIB, Persib dan PBFC sama-sama mengusung misi meraih kemenangan untuk menjaga peluang lolos ke babak selanjutnya.

Menampilkan skuat terbaik dengan menurunkan Konate Makan, Firman Utina dan Ilija Spasojevic di lini depan, Persib langsung tampil menyerang. Di lain kubu, pelatih anyar Kas Hartadi PBFC juga langsung menginstruksikan anak asuhnya bermain ofensif.

Alhasil, jual beli serangan dan peluang kerap diperagakan kedua tim. Sayang bagi Persib, gawang I Made Wirawan harus bobol lebih dulu pada menit ke-33. Sebuah penetrasi Sultan Samma di sisi lapangan yang kemudian diakhirinya dengan tendangan terarah memaksa Persib tertinggal 0-1 di babak pertama.

Lepas turun minum, Persib coba mengambil inisiatif serangan dan punya peluang lewat Spaso. Sial, sepakannya masih belum tepat di bidang sasaran.

Tekanan demi tekanan terus dilancarkan Persib. Namun, akibat terlalu fokus menggempur pertahanan PBFC, banyak celah yang ditinggalkan para pemain Persib.

Winger lincah PBFC Terens Puhiri mendapatkan ruang tembak di luar kotak penalti. Kesempatan tersebut tidak disia-siakannya dan langsung melepas sepakan keras yang tidak mampu dihadang I Made. Persib kian tenggelam dengan ketertinggalan 0-2.

Sisa 15 menit pertandingan, tim besutan Djadjang Nurdjaman coba mengejar defisit dua gol. Namun, alih-alih mengejar ketertinggalan, Persib justru harus bermain dengan 10 pemain di penghujung laga lantaran Tantan menerima kartu merah.

Kalah 0-2, Persib dipastikan tersingkir. Meski masih memiliki satu pertandingan, namun poin tiga yang kini digenggam Persib tidak mampu mengantar mereka lolos ke fase berikutnya, meski memenangi laga pamungkas kontra PS TNI.

Sementara bagi Pusamania, tambahan tiga angka ini membuat pasukan Pesut Etam lolos ke babak perempat final. Dengan koleksi tujuh poin, PBFC saat ini menduduki peringkat dua Grup C, di bawah PS TNI (8 poin). Sebenarnya posisi PBFC masih bisa disalip Surabaya United (poin 6) yang akan jadi lawan mereka di laga pamungkas. Akan tetapi, jika pun kalah di laga tersebut, PBFC akan tetap lolos dengan status peringkat tiga terbaik.

Susunan Pemain:
Persib:
Made, Supardi, Ahmad Jufrianto, Abdurahman, Toni Sucipto, Hariono, Firman Utina, Konate Makan, Zola, Ilija Spasosevic, Febry

PBFC: Galih Sudaryono, Hamka, Goran Gancev, Diego Michels, Rizky Pora, Ponaryo, Ade Jantra, Sutan Samma, Terens Puhiri, Arpani, Herman Dzumafo.



(ACF)