Marunda Jadi Pilot Project Gerakan Budaya Bersih dan Senyum

Anggitondi Martaon    •    Sabtu, 28 Nov 2015 10:51 WIB
Marunda Jadi <i>Pilot Project</i> Gerakan Budaya Bersih dan Senyum
Pencanangan Kawasan Marunda sebagai pilot project GBS----MTVN/Anggito

Metrotvnews.com, Jakarta: Kawasan Marunda dijadikan proyek percontohan gerakan budaya bersih dan senyum (GBS). Gerakan ini dicanangkan Kementerian Koordinator bidang Maritim dan Sumber Daya dan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan buat mendongkrak sektor pariwisata.

Deputi IV Bidang SDM, Iptek dan Budaya Maritim Safri Burhanuddin mengatakan, kawasan Marunda, Jakarta Utara, dipilih karena merupakan cerminan umum dari masyarakat dan pariwisata di Indonesia.‎  

"Marunda mewakili masyarakat Indonesia, ada masyarakat pindahan, ada yang bermukim secara tetap dan tidak tetap,"‎ kata Safri Burhanuddin‎ di kawasan Rumah Susun Marunda, Jakarta Utara, Sabtu (28/11/2015).

Acara pencangan GBS itu dihadiri perwakilan Kemenko PMK, Kemenko Maritim dan Sumber Daya, Wali Kota Jakarta Utara Rustam Effendi, Lurah Marunda dan warga rusun Marunda. Safri meyakini dengan bersihnya kawasan, potensi pariwisata Marunda dapat ditingkatkan. Sehingga, warga di kawasan itu akan merasakan peningkan‎gkatan ekonomi.

Bahkan, kata dia, peningkatan ekonomi akan tambah besar andai warga Marunda bisa memanfaatkan potensi kawasan cagar budaya Rumah Si Pitung, Masjid Al Alam, dan area pantai Marunda bisa menjadi tambang emas bagi warga sekitar.

"Sayangnya, sampai saat ini potensi wisata Marunda belum dimanfaatkan dengan baik," ungkap Safri.

Safri mengimbau semua elemen masyarakat di kawasan Marunda segera berbenah‎. Karena, lokasi wisata di kawasan Marunda sangat beragam dan kompetitif. "Pelaku terbaik untuk perubahan ini adalah warga Marunda sendiri, dengan dorongan pemerintah," ujar Safri.

Selain wilayah Marunda, Safri juga akan mengajak pemkot dan pemda di seluruh Indonesia untuk mulai mensosialisasikan ‎GBS dengan harapan dapat meningkatkan potensi wisata melalui budaya bersih dan senyum.‎
(TII)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA