Sampah Jakarta dapat Perhatian Angkatan Laut Negara Lain

Anggitondi Martaon    •    Sabtu, 28 Nov 2015 12:06 WIB
sampah jakartakemenko maritim ads
Sampah Jakarta dapat Perhatian Angkatan Laut Negara Lain
Wali Kota Jakarta Utara Rustam Effendi---MTVN/Anggi

Metrotvnews.com, Jakarta: Sampah menjadi salah satu permasalahan di Ibu Kota Jakarta. Masalah sampah rupanya mendapatkan perhatian angkatan laut negara lain karena mengotori laut Jakarta.

Perhatian disampaikan Marinir Turki saat bertemu Wali Kota Jakarta Utara Rustam Effendi.

"Kami sangat malu dengan Marinir Turki yang kemarin berkunjung ke saya dan mengadu soal sampah tersebut," kata Rustam dalam sambutanya di Acara Launching Gerakan Budaya Bersih dan Senyum, di Rusun Marunda, Jakarta (28/11/2015).

Tidak hanya itu, Rustam juga mendapat aduan dari Bupati Kepulauan Seribu yang mengatakan sampah Jakarta Utara sudah sampai ke Pulau Untung Jawa. Padahal jarak daratan hingga laut pulau tersebut memerlukan waktu tempuh 45 menit menggunakan speed boat.
"Berarti kan ini sudah parah," ucapnya‎.

Oleh karena itu, Rustam berharap pencanangan Gerakan Budaya Bersih dan Senyum yang digagas Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya dan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, mampu merevolusi mental warga. Sehingga kesadaran masyarakat akan budaya bersih dan meningkatkan peran aktif warga ‎untuk meminimalisasi sampah melalui gerakan 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

"Kami mengimbau tiap Rukun Warga memiliki bank sampah. Karena dengan ini dapat meminimalisir sampah," katanya. Tidak hanya itu untuk mewujudkan budaya bersih berkelanjutan, pemerintah akan terus mendorong masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.


(TII)