Jokowi dan Aher Saling Sapa Sampurasun

Desi Angriani    •    Sabtu, 28 Nov 2015 13:04 WIB
jokowifpi
Jokowi dan Aher Saling Sapa <i>Sampurasun</i>
Presiden Jokowi---Ant/Siswowidodo

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saling sapa menggunakan salam Sunda Sampurasun. Hal itu dilakukan keduanya saat bertemu dalam Festival Bunga dan Buah Nusantara 2015 di Kampus IPB, Bogor, hari ini.

Mengawali sambutannya, Ahmad Heryawan menyapa seluruh hadirin termasuk Presiden dan sejumlah menteri kabinet kerja. "Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Sampurasun," kata Aher saat membukan pidato sambutan di FBBN di Kampus IPB Baranangsiang, Jalan Pajajaran, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/11/2015).

Begitu pula dengan Presiden Jokowi. Presiden pun mengucapkan salam yang sama dan mendapat tepukan meriah dari hadirin. "Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Sampurasun," ujar Jokowi. "Rampes," jawab warga Bogor diiringi tawa.

Peristiwa pengucapan salam khas masyarakat Jawa Barat ini menjadi menarik. Sebab, Ketua Umum Front Pembela Islam Rizieq Syihab sebelumnya memelesetkan ucapan sampurasun menjadi campur racun.

Pelesatan itu mendapat kecaman dari sesepuh Sunda. Ucapan pelesetan Rizieq itu beredar dalam video ceramah Rizieq di Purwakarta pada 13 November dan  diunggah ke media sosial pada 14 November. Dalam video berdurasi 43 detik itu, Rizieq memelesetkan salam 'Sampurasun' menjadi 'campur racun'. Dalam kaitan ini, dia tengah membedah ujaran salam.

Pelesetan Rizieq berbuntut panjang. Angkatan Muda Siliwangi dan Aliansi Masyarakat Sunda kemudian melaporkan pelesetan Rizieq itu ke Polda Jawa Barat. Rizieq diduga melanggar UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Hingga kini polisi masih menyelidiki laporan itu.

 


(TII)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA