Ini Efek Samping Minum Susu Hewani

   •    Sabtu, 28 Nov 2015 14:13 WIB
kesehatan
Ini Efek Samping Minum Susu Hewani
Susu sapi mudah terkontaminasi. (foto:massey.ac.nz)

Metrotvnews.com, Jakarta: Susu disebut sebagai salah satu minuman sehat yang harus ada dalam menu harian anak-anak. Seiring bertambahnya usia, susu seakan tak wajib untuk dikonsumsi. Lagi pula, penelitian telah menemukan susu memiliki hubungan dengan berkembangnya penuaan dini, patah tulang dan kanker. 

Pada kenyataannya, minum susu tidak begitu diperlukan tubuh. Semua nutrisi yang ditemukan dalam susu dapat diperoleh dari sumber makanan lain seperti biji-bijian dan kacang-kacangan. Hal ini dituturkan langsung oleh ahli gizi, Dr Lovneet Batra.

"Itu alasan mengapa dokter kini tak lagi merekomendasikan susu untuk sumber kalsium," imbuhnya. 

Terlepas dari intoleransi laktosa, Dr. Batra menegaskan bahwa dampak parah dari susu yang terkontaminasi bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. 

Susu tidak hanya berasal dari sapi, tapi hewan lain seperti kambing, unta dan kuda juga memberikan susu yang sama. Meskipun memiliki banyak kandungan nutrisi, susu mamalia mudah terkontaminasi sehingga punya efek yang tak diinginkan nantinya.

Susu juga punya kandungan lemak jenuh dan kalori tinggi sehingga berbahaya bagi orang-orang dengan penyakit kolesterol dan masalah jantung.

Namun, jangan khawatir. Anda bisa mengganti susu hewani dengan susu nabati. Susu nabati cenderung lebih aman dikonsumsi meskipun kandungan gizinya tak sama seperti sapi.

Dan berikut susu nabati yang patut Anda coba.

1. Susu kedelai
Susu kedelai sangat bagus untuk orang yang tidak toleransi terhadap laktosa. Karena berasal dari kedelai, secara alami susu ini bebas kolesterol, rendah lemak jenuh dan punya kandungan protein yang sama seperti sapi. 

Anda tetap harus mengonsumsinya tidak berlebihan. Sebab, menurut penelitian Harvard tahun 2008, konsumsi lebih tinggi dari produk berbasis kedelai menyebabkan masalah kesuburan dan jumlah sperma rendah.

2. Susu almond
Susu almond mungkin tidak memiliki semua nutrisi yang Anda butuhkan. Tapi, susu almond bebas laktosa dan kadar kolesterol sangat rendah. Selain itu, susu almond punya kandungan lain seperti vitamin A dan D. 

3. Susu kelapa (santan)
Santan menjadi bahan makanan paling populer di daerah Asia. Santan berasal dari buah yang kaya serat, vitamin C, zat besi, kalsium dan magnesium. Namun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak merekomendasikan Anda meminum santan begitu saja karena tinggi lemak dan kalori. 

4. Susu beras
Susu beras umumnya terbuat dari beras merah dan paling cocok bagi Anda yang tidak toleransi terhadap laktosa. Karena terbuat dari beras, susu beras mengandung lebih banyak karbohidrat daripada susu sapi. (Sumarni/ Times of India)



(LOV)

KPK Periksa Ketua Komisi II DPR

KPK Periksa Ketua Komisi II DPR

21 minutes Ago

Ketua Komisi II DPR Chairuman Harahap diperiksa terkait kasus korupsi KTP elektronik.
 

BERITA LAINNYA