Trump Tuding Semua Muslim Bersorak Gembira usai 9/11

Willy Haryono    •    Senin, 30 Nov 2015 08:50 WIB
pemilu as
Trump Tuding Semua Muslim Bersorak Gembira usai 9/11
Donald Trump dalam kampanyenya di Burlington, AS, Rabu (21/10/2015). (Foto: AFP / SCOTT OLSON / GETTY IMAGES NORTH AMERICA)

Metrotvnews.com, Miami: Komentar kontroversial seakan tak pernah habis terlontar dari Donald Trump. 

Kandidat calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik ini mengklaim Muslim di seluruh dunia "bersorak gembira" untuk merayakan serangan teroris di Negeri Paman Sam pada 11 September 2001, atau lebih dikenal dengan peristiwa 9/11.

Awal bulan ini, Trump memicu kontroversi setelah mengatakan Arab dan Muslim Amerika telah merayakan berbagai serangan teror di muka Bumi. Ia juga menyuarakan wacana untuk mendata setiap Muslim di AS. 

Namun dalam sebuah kampanye akhir pekan di Sarasota, Florida, Trump membawa komentarnya ke level yang lebih jauh. 

"Semua orang mengakui bahwa di seluruh dunia, Muslim benar-benar bersorak gembira," kata Trump di hadapan lautan pendukungnya, seperti dikutip AFP, Minggu (29/11/2015). 

Pada kenyataannya, beberapa pemimpin Arab dan Muslim -- termasuk mantan pemimpin Palestina Yasser Arafat dan diktator Libya Moamer Gaddafi -- mengutuk serangan 9/11. 

Dalam sebuah polling Gallup pada 2008, hanya tujuh persen dari Muslim di seluruh dunia yang mengatakan serangan 9/11 "benar-benar" dapat dibenarkan. 

Masih dalam kampanye di Sarasota, Trump mencoba membela diri setelah dirinya dihujani kritik usai menghina Serge Kovaleski, seorang jurnalis New York Times yang memiliki kekurangan fisik. 

"Saya tidak pernah menghina seorang penyandang disabilitas," tutur Trump. "Saya bilang sekali lagi, saya tidak akan pernah melakukan itu."

Trump menyebut Kovaleski pernah menulis artikel yang menceritakan adanya sejumlah Muslim di New Jersey yang merayakan 9/11. 

Kovaleski membantah pernah membuat artikel semacam itu. Bantahan Kovaleski membuat Trump geram, dan ia pun menghina kekurangan fisik sang reporter. 


(WIL)