Di Sombu Wakatobi, Tepi Laut pun Asyik untuk Menyelam

Fitra Iskandar    •    Senin, 30 Nov 2015 10:51 WIB
wisata pantai
Di Sombu Wakatobi, Tepi Laut pun Asyik untuk Menyelam
Untuk pemula Sombu Jetty sudah cukup menawarkan sensasi pemandangan bawah laut Wakatobi. (Foto:MTVN/Fitra Iskandar)

Metrotvnews.com, Wakatobi: Salah satu titik menyelam yang wajib dikunjungi bila sedang berlibur di Wakatobi adalah Sombu Jetty. Meski letaknya di pinggir pulau, pemandangan indah bawah laut sudah dapat ditemui.

Untuk mencapai lokasi Sombu Jetty di Kelurahan Wanci, wisatawan hanya membutuhkan sekitar 20 menit perjalanan mobil dari pusat kota, atau Lapangan Merdeka, Kecamatan Wangi-Wangi. Sementara, bila dicapai dari Bandara Matahora, dapat dijangkau sekitar 30 menit.

Untuk menyelam dan snorkling, pengunjung tinggal berjalan ke ujung dermaga yang menjorok ke laut. Panjang jembatan sekitar 100 meter.



Yang menarik, di lokasi ini penyelam yang menginginkan kedalaman juga dapat menuntaskan hasratnya melihat keindahan bawah laut dengan bermain-main di ujung jembatan, karena laut di bawahnya 20--40 meter dalamnya. Sementara laut yang dangkal terdapat di kedua sisi dermaga tersebut.

Di sisi dermaga dan jembatan, kedalaman hanya sekitar satu meter, namun pengunjung sudah dapat berenang dengan berbagai ikan-ikan hias laut. Menurut salah satu pemandu wisata di Pulau Wangi-Wangi, bila beruntung, penyu pun bisa dijumpai.

Di lokasi ini, pernikahan masal yang diikuti sekitar 26 pasangan pernah digelar. Museum Rekor Indonesia mencatatnya sebagai pernikahan terbesar di bawah laut. Selain itu, titik ini juga pernah dijadikan lokasi pengibaran bendara Merah-Putih di bawah laut.


Setelah puas berenang-renang, di lokasi ini pada sore hari pengunjung pun akan disuguhi pemandangan indah di atas permukaan laut. Pemandangan matahari terbenam di Sombu Jetty cukup memikat, pas untuk menutup hari setelah  berpetualang dari pagi hingga sore di Pulau Wangi-Wangi.


Matahari terbenam di Sombu Jetty. (Foto: Sendy Aditya Saputra)


(FIT)