JPO Lebak Bulus Resahkan Warga

Arga sumantri    •    Senin, 30 Nov 2015 12:34 WIB
jpo
JPO Lebak Bulus Resahkan Warga
Jembatan penyebrangan orang di Lebak Bulus rawan kejahatan. (Foto:MI/Susanto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Keberadaan jembatan penyebrangan orang (JPO) di Jalan TB Simatupang, Lebak Bulus, Jakarta Selatan meresahkan warga. Selain gelap dan tidak layak, JPO itu kerap dijadikan tempat preman mabuk hingga rawan kejahatan.
 
Warga mengaku cemas ketika menggunakan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang berada di depan Mal Poin Square itu. Mereka harus berlari-lari kecil saat melintas agar cepat sampai di seberang.
 
Risnah, 44, kerap dilanda cemas saat hendak menggunakan JPO. Wanita paruh baya itu tak menjadikan JPO prioritas. "Karena lagi buru-buru. Biasanya saya memutar, apalagi kalau habis magrib, takut," kata Risnah kepada Metrotvnews.com, Senin (30/11/2015).
 
Ketakutan menggunakan JPO semakin jadi saat Risnah mengetahui tindak kejahatan di JPO Lebak Bulus. Dia semakin enggan menggunakan JPO. "Saya dengar beritanya, makin seram lewat sini," ujarnya.
 
Ternyata, rasa cemas menggunakan JPO bukan hanya di alami perempuan. Sutedjo, 47, juga mengaku cemas saat melintas di JPO. "Bawa sepeda ini, di atas rada kencang kalau sore," kata dia.
 
Sutedjo berusaha menghindari JPO jika tidak  mendesak. Dia lebih memilih memutar atau menggunakan angkutan umum. “Keberadaan JPO ini memang strategi dan dibutuhkan masyarakat. Tapi kondisinya sangat menyeramkan. Harusnya diperbaikin dan biarkan PKL dagang di sini, jadi rame,” ujarnya.
 
Dua JPO yang disambangi Metrotvnews.com di Jalan TB Simatupang, kondisinya sangat mengkhawatirkan, selain gelap, nampak kumuh dan bau.  Tak ada atap di JPO itu, apalagi kamera pengintaai. JPO tak dilengkapi dengan penerangan. Coretan tanpa makna menghiasi JPO. Lantai banyak yang bolong.
 
JPO menjadi sorotan setelah seorang karyawati dirampok dan diperkosa di JPO Lebak Bulus. Padahal, JPO sedianya menjadi fasilitas penting bagi masyarakat agar dapat menyebrang dengan aman.
 


(FZN)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

6 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA