CIMB Niaga Perkirakan Laba Turun di Akhir 2015

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 30 Nov 2015 14:02 WIB
cimb niaga
CIMB Niaga Perkirakan Laba Turun di Akhir 2015
Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M Siahaan (tengah) (MI/Galih Pradipta)

‎Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) memperkirakan perolehan laba masih akan mengalami penurunan hingga akhir 2015 ini. Penurunan ini sejalan dengan masih tidak menentunya situasi dan kondisi perekonomian Indonesia sehingga memukul kinerja perbankan di Tanah Air. 

Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M Siahaan menjelaskan, penurunan laba ini banyak diakibatkan oleh CIMB Niaga lebih memilih untuk mendorong biaya pencadangan kredit bermasalah menjadi 120 persen di 2015.

"Selain itu, penurunan laba juga banyak dipengaruhi oleh kondisi ekonomi nasional yang melambat, khususnya penurunan harga komoditas yang berdampak pada nasabah korporasi yang bergerak di bidang itu," tutur Tigor, ditemui di Gedung BEI, Jakarta, Senin (30/11/2015).

Namun demikian, Tigor belum bisa memperkirakan penurunan laba tersebut hingga akhir 2015. Ia menekankan, untuk mengantisipasi penurunan agar tidak terlalu dalam maka CIMB Niaga akan meningkatkan porsi pembiayaan di sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) dan konsumer. 

"Kami juga tengah kembangkan ‎sektor Small Medium Enterprise (SME) dan consumer banking yang diharapkan pertumbuhannya sama dengan pertumbuhan sektor korporasi," tuturnya.

Untuk diketahui, CIMB Niaga telah membukukan laba Rp265,31 miliar di kuartal III-2015. Laba yang diraih ini turun drastis bila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu sebesar Rp343,43 miliar. 


(ABD)