Stop HIV/AIDS

Hanya 7 Puskesmas di Pamekasan Layani Pemeriksaan HIV/AIDS

Agus Josiandi    •    Senin, 30 Nov 2015 14:56 WIB
aids
Hanya 7 Puskesmas di Pamekasan Layani Pemeriksaan HIV/AIDS
Seorang mahasiswi mengikuti aksi memperingati Hari AIDS sedunia, Ant - Dewi Fajriani

Metrotvnews.com, Pamekasan: Sebanyak 13 Puskesmas di Pamekasan, Jawa Timur, belum melayani pemeriksaan HIV/AIDS. Sebab, Puskesmas tersebut belum memiliki peralatan medis dan sumber daya manusia untuk melayani pemeriksaan tersebut.

Kabupaten Pamekasan memiliki 20 Puskesmas. Tujuh di antaranya sudah dapat melayani pemeriksaan HIV/AIDS. Puskesmas itu berlokasi di Larangan, Teja, Pademawu, Palengaan, Pasean, Waru, dan Batumarmar.

Kepala Dinas Kesehatan Pamekasan Ismail Bey mengatakan tak sembarang orang dapat memeriksa indikasi virus mematikan itu. Tim medis harus mendapat pelatihan khusus.

"Untuk bisa memeriksa HIV/AIDS harus ada pelatihan dulu, dan harus dokter," kata Ismail, Senin (30/11/2015).

Lantaran itu, ujar Ismail, pihaknya mengupayakan seluruh Puskesmas dapat melayani pemeriksaan HIV/AIDS. Misalnya melatih beberapa dokter dan menyediakan sarana prasarana yang memadai.

Hingga kini, 13 Puskesmas itu hanya dapat memfasilitasi pemeriksaan kasus HIV lalu mengantar suspect ke puskesmas lain. Ismail pun berharap masyarakat tak malu mendatangi Puskesmas untuk memeriksa kemungkinan virus tersebut. Cara itu untuk menekan angka penularan HIV/AIDS.

Dinkes Pamekasan mencatat 13 orang dengan HIV/AIDS (ODHA) pada 2012. Jumlah itu bertambah menjadi 22 orang pada 2013. Lalu pada 2014, jumlahnya bertambah menjadi 27 orang. Hingga November 2015, jumlah ODHA yang tercatat di Dinkes Pamekasan sebanyak 30 jiwa.


(RRN)

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

58 minutes Ago

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) berpendapat hilangnya sejumlah nama politisi yang seb…

BERITA LAINNYA