Kementerian ESDM Serahkan Hibah Rp584 Miliar di Yogyakarta

Ahmad Mustaqim    •    Senin, 30 Nov 2015 15:55 WIB
dana hibah
Kementerian ESDM Serahkan Hibah Rp584 Miliar di Yogyakarta
Foto: Menteri ESDM Sudirman Said (tengah) dalam pertemuan dengan ratusan perwakilan pemerintah daerah di Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakarta/MTVN_Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menyerahkan hibah yang berstatus barang milik negara kepada Pemerintahan Daerah seluruh Indonesia. Total nilai aset yang diserahkan kepada Pemda seluruh Indonesia sebesar Rp1,2 triliun yang dibagi dalam tiga tahap di tiga daerah.

Hibah kepada 203 perwakilan Pemerintah Daerah diserahkan di Yogyakarta, Senin 30 November. Bantuan ini diberikan guna menunjang program pembangunan di antaranya irigasi, sumber air, sarana prasarana minyak dan gas bumi dan energi terbarukan seperti mikrohidro, tenaga surya, biomassa, serta geothermal.

"Penyerahterimaan ini supaya bisa diambil alih sehingga pemeliharaannya bisa dilakukan pemerintah daerah," kata Menteri ESDM Sudirman Said dalam Penandatanganan Dokumen Hibah Barang Milik Negara Kementerian ESDM, di Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakarta, Senin (30/11/2015).

Sebelum di Yogyakarta, kata Sudirman, penyerahan hibah dilakukan di Bandung, Jawa Barat sebesar Rp177 miliar. Penyerahan hibah berupa 346 unit barang milik negara itu dihadiri 82 perwakilan Pemda.

Kemudian, hibah juga diberikan di Bali sebesar Rp428 miliar berupa 5.828 unit barang. Penyerahan hibah di Bandung dihadiri 113 perwakilan Pemda.

"Di Yogyakarta, nilai hibah yang diserahterimakan sebesar Rp584 miliar dengan wujud 3.821 unit barang," ujar dia.

Ia juga mengungkapkan, usaha tersebut juga akan terus dilakukan agar alat-alat yang sudah selesai dibangun bisa dioperasikan untuk masyarakat. Menurut dia, langkah itu sesuai dengan rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan yang meminta instansi pemerintah menyerahterimakan barang-barang yang selesai dibangun ke pimpinan daerah.

"Kepada para pemerintah daerah, kami tadi menekankan perlunya menginisiasi dari bawah supaya energi terbarukan betul-betul didorong pembangunannya di wilayah yang beliau pimpin," imbuh dia.

Sementara, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM M Teguh Pamuji mengatakan, selain aset yang berwujud, Kementerian ESDM juga berharap penyerahan aset tak berwujud, misalnya hasil kajian, segera rampung. Rekomendasi penyelesaian aset tak berwujud itu ditargetkan selesai akhir tahun ini.


(TTD)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

11 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA