Dua WNI yang Ditangkap di Jepang Masih Diperiksa

Willy Haryono    •    Senin, 30 Nov 2015 17:03 WIB
wni
Dua WNI yang Ditangkap di Jepang Masih Diperiksa
Jubir Kemenlu Arrmanatha Nasir. (Foto: MTVN/Nabila Gita)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dua warga negara Indonesia yang ditangkap polisi Jepang atas dugaan pembelian dan pengiriman senjata militer masih diperiksa. 

Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir, salah satu WNI sudah bisa ditemui, sedangkan satunya lagi belum.

"Yang satu sudah bisa ditemui KBRI dan diajak ngobrol, tapi yang satu lagi belum bisa, karena masih dalam penyelidikan," ujar Arrmanatha atau akrab disapa Tata di kantor Kemenlu, Jakarta, Senin (30/11/2015).

Menurut Tata, pihak KBRI memastikan hak-hak hukum telah diberikan kepada dua WNI. Tata mengatakan, KBRI juga akan memastikan kelayakan makanan dan tempat beribadah bagi keduanya.

"Pihak KBRI akan terus meninjau dan memastikan mereka dapat makanan yang halal, dapat beribadah sampai menyediakan penerjemah," ujar Tata.

Berdasarkan informasi Kemenlu, dua WNI membeli sejumlah peralatan untuk membuat senjata airsoft gun, bukan untuk kebutuhan militer.

Pada Rabu 25 November, dua WNI ditangkap kepolisian Metro Tokyo karena dugaan kaitan dengan FTF, yaitu IR (31) DN (40) terdeteksi beberapa kali membeli rifle scope (bukan senjata) secara online, dan 2 kali mengirimkan barang tersebut melalui ekspedisi express ke Indonesia. Pada saat dilakukan penggeledahan ke apartemen yang bersangkutan, ditemukan 29 buah benda yang sama.

Diperoleh info bahwa scope yang mereka kirim/miliki masuk dalam spesifikasi tinggi yang pengirimannya ke negara lain harus melalui proses perizinan yang ketat. (Nabila Gita)


(WIL)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA