Ridwan Kamil Sambut Baik Perpres Tata Ruang Cekungan Bandung

Antara    •    Senin, 30 Nov 2015 17:07 WIB
tata kota
Ridwan Kamil Sambut Baik Perpres Tata Ruang Cekungan Bandung
Foto: Ketua Komisi Tektonik Ikatan Ahli Geologi Indonesia Benyamin Sapia (kiri pertama) dan Direktur Teknologi Inventarisasi Sumber Daya Alam BPPT Yusuf Surahman (kiri kedua) memaparkan sejumlah titik cekungan minyak dan gas melalui sebuah peta di Bandung

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyambut baik Rancangan Peraturan Presiden tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional Perkotaan Cekungan Bandung. Menurut dia, Perpres itu akan menyelaraskan pembangunan di kawasan Bandung Raya.

"Kota Bandung mah senang pisan atuh karena selama dua tahun saya kesulitan penyinkronkan pembangunan karena levelnya kan sama, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Bandung serta sebagian Sumedang. Padahal pembangunan lintas batas," kata Ridwan Kamil, sebelum menghadiri Penandatangan Kesepakatan Substansi dan Dukungan Penetapan Raperpres Kawasan Strategis Nasional Perkotaan Cekungan Bandung, Jawa Barat, Senin (30/11/2015).

Emil, demikian ia kerap disapa, mengaku Perpres ini merupakan mimpi yang terkabul dalam hal pembangunan dan tata Kota Bandung. "Mudah-mudahan setelah ini bisa lebih keren karena selama ini pembangunan di Bandung Raya itu lintas daerah seperti airnya dari KBB, kemudian kerjanya di Kota Bandung," kata dia.

Pria yang akrab disapa Emil ini menuturkan ada tiga hal utama yang diatur dalam Rancangan Perpres Cekungan Bandung tersebut bagi Kota Bandung yakni tentang transportasi, pengelolaan sampah dan air. "Infrastruktur lintas batas, yakni transportasi, air, sampah, itu yang penting. Untuk transportasi tetap monorel," kata dia.

Dipimpin Sekda Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa, siang ini Pemprov Jawa Barat menggelar rapat tentang Penandatangan Kesepakatan Substansi dan Dukungan Penetapan Raperpres Kawasan Strategis Nasional Perkotaan Cekungan Bandung di Ruang Rapat Papandayan Gedung Sate Bandung. Dalam rapat tersebut hadir kepala daerah Bandung Raya dan Dirjen Tata Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Budi Situmorang.

Sebelumnya, Dirjen Tata Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Budi Situmorang mengatakan, pemerintah tengah menuntaskan Peraturan Presiden tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional Perkotaan Cekungan Bandung.

"Targetnya Semester I tahun 2016 sudah selesai," kata Budi.

Pihaknya  mengatakan, kawasan Cekungan Bandung sudah ditetapkan sebagai salah satu kawasan strategis nasional perkotaan di Indonesia dalam Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2013 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional.

"Jadi definisi kawasan strategis nasional ini adalah wilayah yang diprioritaskan penataan ruangnya karena mempunyai pengaruh yang sangat penting secara nasional untuk pertumbuhan ekonomi, lingkungan, ilmu pengetahuan, serta sosial budaya," kata dia.


(TTD)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

23 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA