Balap Mobil

Menpora Berharap, Formula One Mampir ke Indonesia 2019

Ekawan Raharja    •    Senin, 30 Nov 2015 17:24 WIB
balap mobil
Menpora Berharap, Formula One Mampir ke Indonesia 2019
Penyelenggaraan balap Formula One di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi dengan standar tertinggi sirkuit balap jet darat. XPB

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia kini tengah berbenah untuk penyelenggaraan MotoGP. Namun ada ambisi terbaru Indonesia yang juga membidik Formula One (F1) untuk diselenggarakan di tanah air.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nachrawi, menjelaskan bahwa kini pihaknya tengah melakukan pendekatan terhadap penyelenggara F1. Imam pun berharap F1 bisa diselenggarakan di tahun 2019.

"Saya berharap tahun 2019 mendatang, Formula One juga mampir di Indonesia. Saat ini sudah kita lakukan pendekatan mengenai ajang ini," jelas Imam di Jakarta.

Dia pun berseloroh bahwa balapan jet darat tersebut akan berlangsung di Sirkuit Sentul, Bogor. Sehingga renovasi yang akan dilakukan tidak hanya memenuhi standar MotoGP tapi juga untuk F1.

Tentunya ini tak mudah, lantaran level sirkuit yang biasanya dibutuhkan oleh F1 cenderung punya kategori sendiri. Mengingat penyelenggara F1 yaitu Formula One Management (FOM) selalu mengedepankan aspek luxury di balapan itu. Itu belum masuk biaya penyelenggaraan yang harus dibayar panitia lokal ke FOM.

Jadi jika Indonesia mimpi untuk menggelar balap F1, rasanya akan berat untuk mewujudkan jika tak ada yang berani menanggung dana renovasi sirkuit dan biaya penyelenggaraan.


(UDA)