Di Swedia, Netizen Bebas Akses The Pirate Bay

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 30 Nov 2015 17:54 WIB
pirate bay
Di Swedia, Netizen Bebas Akses The Pirate Bay
The Pirate Bay akan tetap dapat beroperasi di Swedia. (Getty Images)

Metrotvnews.com: Berbagai negara berusaha untuk memblokir berbagai situs pembajakan. Baru-baru ini, di Indonesia,  pemerintah telah memblokir 22 situs lagu bajakan.

Salah satu situs bajakan yang paling populer adalah The Pirate Bay. Berbagai negara berusaha untuk memblokir situs ini. Biasanya, mereka melakukan hal ini dengan meminta para ISP (Internet Service Provider) untuk memblokir situs ini.

Meskipun begitu, situs bajakan ini tampaknya akan tetap dapat beroperasi di negara asalnya, Swedia. Seperti yang dikutip dari Engadget, pengadilan Stockholm telah memutuskan bahwa pemerintah Swedia tidak dapat memaksa para ISP untuk memblokir situs bajakan tersebut.

Alasan yang disebutkan adalah karena para penyedia internet tersebut tidak seharusnya bertanggung jawab atas apa yang dilakukan oleh para pelanggannya.

Polisi bukanlah satu-satunya pihak yang tidak puas dengan keputusan ini. Studio film dan musik juga tidak puas, sehingga, tidak tertutup kemungkinan, mereka akan melakukan naik banding. Keputusan yang diambil oleh pengadilan di Swedia ini dianggap sebagai keputusan yang tidak biasa.

The Pirate Bay biasanya selalu masuk ke dalam daftar situs yang harus diblokir di banyak negara, terutama di Eropa.


(MMI)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

23 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA