Minati Jalani Operasi Keluarkan 12 Ribu Batu Empedu

   •    Senin, 30 Nov 2015 18:20 WIB
kesehatan
Minati Jalani Operasi Keluarkan 12 Ribu Batu Empedu
Minati Mondal dan Dr Makhan Lala Saha (Foto:Dailymail)

Metrotvnews.com, New Delhi: Dokter India bagian Timur tercengang saat menemukan 12 ribu batu empedu di dalam tubuh pasien wanita asal India, Minati Mondal.

Batu empedu sebanyak itu memecahkan rekor terbanyak di dunia.

Sebenarnya, ini bukan rekor yang patut dibanggakan. Sebab, batu empedu bukan masalah sepele. Minati bahkan menderita sakit perut dan asam refluks tiada henti selama dua bulan penuh.

Dua minggu lalu, wanita berusia 51 tahun ini pergi berobat ke Debdoot Sevayan Hospital di Kolkata, West Bengal, India timur. Setelah melakukan serangkaian tes, dokter mengatakan bahwa Minati mengidap masalah batu empedu yang berada pada tahap parah.

Awalnya, para dokter menganggap Minati hanya memiliki 5 ribu batu. Setelah dilakukan operasi selama satu jam, ditemukan sekitar 12 ribu batu yang berhasil dikeluarkan melalui pembedahan.



"Asisten saya membutuhkan waktu empat jam untuk menghitung jumlah batu yang memiliki kisaran panjang 2 sampai 5 milimeter," ungkap Dr. Makhan Lala Saha yang menangani operasi Minati.

Dr. Makhan menambahkan, pada 1983, di Inggris ada pasien asal Jerman yang mengeluarkan 3.110 batu empedu yang dinyatakan sebagai rekor terbanyak.

"Tapi sekarang saya rasa Minati menggeser rekor tersebut dengan jumlah batu tiga kali lebih banyak," imbuhnya.

Sebagai dokter, Makhan masih tidak habis pikir bahwa kandung empedu bisa menampung banyak sekali batu. Sebab, saluran empedu merupakan tabung kecil yang berukuran tidak terlalu besar.

Batu empedu yang dimiliki Minati bila tidak segera diobati dapat berakibat fatal. Selain menimbulkan mual dan infeksi, batu ini juga dapat menghentikan aliran empedu dari kantong empedu dan hati, juga punggung atas.

Sebagai informasi, batu empedu terbuat dari kolesterol dan garam.  Menyantap makanan berlemak meningkatkan risiko penyakit ini.

Bagaimana kondisi Minati kini? Dia telah pulih setelah menjalani operasi pengeluaran batu empedu. (Sumarni/Dailymail)


(ROS)

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

52 minutes Ago

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) berpendapat hilangnya sejumlah nama politisi yang seb…

BERITA LAINNYA