Fitur Pembayaran dan Chat Jadi Fokus E-Commerce di 2016

Eko Nordiansyah    •    Senin, 30 Nov 2015 19:01 WIB
e-commerce
 Fitur Pembayaran dan <i>Chat</i> Jadi Fokus E-Commerce di 2016
Ilustrasi chat. (Fotohealthtapcom).

Metrotvnews.com, Jakarta: Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) memprediksi fokus bisnis e-commerce tahun depan adalah mengenai pengembangan sistem pembayaran serta fitur chat. Keduanya akan jadi fokus bagi berbagai jenis e-commerce, mulai dari yang jual-beli hingga layanan dalam bentuk jasa.

"Saya lihat ini trennya aplikasi (e-commerce) ini untuk sistem pembayarannya gimana. Kedua, chat. Fitur e-commerce dengan chat akan jauh lebih cepat dan efektif," kata Ketua idEA Daniel Tumiwa di Menara BCA, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (30/11/2015).

Dirinya mencontohkan, fitur chat bagi e-commerce sudah dilaksanakan dengan baik di Tiongkok melalui WeChat. Melalui fitur tersebut, pelanggan bisa langsung menghubungi penjual sebab setiap brand memiliki akun sendiri yang melayani layaknya sebuah call center.

"Di situ itu, kita tinggal tanya saja, misalkan mau baju yang ini, ukurannya sekian, dikirim ke alamat ini. Tinggal kirim uangnya, langsung pesanan itu akan diproses," lanjut dia.

Lebih lanjut, Daniel menyebutkan penduduk Indonesia sudah sangat familiar dengan layanan chat seperti Blacberry Massanger (BBM) atau Whatsapp. Sehingga, memiliki peluang yang cukup besar bagi pengembangan bisnis e-commerce.

"Sekarang semua orang di Indonesia punya BBM dan Whatsapp. Itu kalau bisa jualan lewat sana, pembayaran juga bisa dilakukan di sana. Itu kita akan sangat dahsyat. Jadi enggak perlu bikin account di internet segala macam," jelasnya.


(SAW)