Yogyakarta Bisa Jadi Percontohan Energi Bersih

Ahmad Mustaqim    •    Senin, 30 Nov 2015 19:30 WIB
energi terbarukan
Yogyakarta Bisa Jadi Percontohan Energi Bersih
Menteri ESDM Sudirman Said. Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan Daerah Istimewa Yogyakarta bisa menjadi percontohan energi bersih setelah Bali. Bali, kata Sudirman, telah ditetapkan lebih dulu menjadi percontohan tersebut.

"Sebagai catatan, potensi energi terbarukan kita bisa enam kali lipat dibanding yang sudah terpasang. Jadi, energi baru terbarukan bisa mencapai 300 ribu megawatt," kata Sudirman di sela acara Penandatanganan Dokumen Hibah Barang Milik Negara, Kementerian ESDM, di Hotel Royal Ambarukmo Yogyakarta, Senin (30/11/2015).

Sudirman menilai, Gubernur DIY menjadi sosok yang agresif dan konsen terhadap pengembangan energi terbarukan. Ia mencontohkan dalam peluncuran secara simbolik energi sebesar 35 ribu megawatt di Yogyakarta beberapa bulan silam.

Manurut dia, Yogyakarta memiliki banyak sumber energi alternatif. Misalnya, biogas, solar sel, dan mikro hidro. "Regulasi daerahnya sangat mendukung. Kami tinggal mendukung adanya regulasi di kementerian," ujarnya.

Baginya, energi terbarukan begitu terpasang bisa diperbarui sumbernya. Sekali terpasang, lanjutnya, akan menjadi sumber energi terus menerus selama masih berfungsi. "Beda dengan energi fosil yang bisa habis," kata dia.

Kementerian ESDM melakukan serah terima hibah aset milik negara kepada 302 pemerintah daerah di Hotel Royal Ambarukmo Yogyakarta. Nilai hibah yang diserahterimakan sebesar Rp584 miliar dengan wujud 3.821 unit barang. Total ada senilai Rp1,2 triliun aset yang negara yang sudah dihibahkan dalam tiga tahap, yakni di Bandung, Bali, dan Yogyakarta. Hibah tersebut termasuk sumber energi terbarukan.


(UWA)