Piala Jenderal Sudirman 2015

Bungkam Persib, PS TNI Maju ke Perempat Final Sebagai Juara Grup

Achmad Firdaus    •    Senin, 30 Nov 2015 21:44 WIB
liga indonesiapiala jenderal sudirman
Bungkam Persib, PS TNI Maju ke Perempat Final Sebagai Juara Grup
Salah satu selebrasi unik para pemain PS TNI usai mencetak gol (Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Metrotvnews.com, Sidoarjo: PS TNI tampil impresif saat berhadapan dengan Persib Bandung pada laga pamungkas penyisihan Grup C Piala Jenderal Sudirman, Senin 30 November 2015. Tampil penuh tenaga, PS TNI membungkam Persib 2-0 dan memastikan diri lolos ke babak perempat final dengan status juara grup.

Berduel di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, PS TNI yang membutuhkan kemenangan demi memastikan diri lolos sebagai juara grup, tampil dengan pola ofensif. Tak kalah gengsi, Persib yang telah dipastikan tersingkir juga tidak lantas main seadanya.

Bermodalkan sejumlah pemain cadangan seperti Yandi Sofyan, Jajang Sukmara, dan dikomandoi Makan Konate di lini tengah, Persib meladeni permainan terbuka PS TNI.

Secara umum, laga berlangsung cukup seimbang di mana PS TNI sedikit lebih unggul dalam penguasaan bola dan lebih banyak menciptakan serangan berbahaya di lini pertahanan Persib.

PS TNI membuka peluang lewat umpan jauh yang berhasil dikejar Tambun Naibaho yang lolos dari jebakan offside. Sayang, karena kontrol bola yang tidak sempurna, Naibaho kalah cepat dengan kiper kedua Persib, M.Natshir untuk mengamankan bola.

Persib mendapat peluang emas untuk membuka keunggulan pada menit ke-22. Konate berhasil mengirimkan umpan manis di sisi lapangan. Sayangnya, Yandi Sofyan yang berada di muka gawang dan tidak mendapatkan kawalan berarti, gagal mengarahkan bola ke dalam gawang.

Sepanjang babak pertama ini, Persib terlihat lebih banyak tertekan oleh serangan-serangan cepat PS TNI. Bahkan, bek-bek Persib terpaksa melakukan pelanggaran untuk menghentikan pergerakan para pemain PS TNI. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Lepas turun minum, PS TNI yang mendapat dukungan penuh dari para anggota TNI langsung menggebrak. Dan hasil positif pun mereka dapat pada menit ke-47.

Wawan mencatatkan namanya di papan skor setelah sepakan kaki kiri kerasnya menghujam deras pojok kiri atas gawang M. Natshir. PS TNI unggul 1-0.

Wawan berpeluang besar mencetak gol keduanya pada menit ke-52. Berawal dari skema serangan balik cepat, Wawan sebenarnya hanya tinggal berhadapan dengan kiper. Tapi sayang, eksekusinya malah melambung.

Persib sebenarnya sukses menyamakan kedudukan setelah Febri memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Konate yang membentur tiang. Sayang, gol tersebut dianulir wasit karena pemain Persib U-21 ini berada dalam posisi offside. 

Menit 57, PS TNI kembali mengancam. Kali ini giliran Dimas Drajat yang berhasil menyundul bola umpan tendangan bebas. Beruntung bagi Persib, M. Natshir berhasil menepis bola yang mengarah ke pojok gawangnya. 

Masuk 10 menit laga tersisa, Persib yang tengah berupaya keras mencetak gol penyeimbang justru harus kembali kebobolan. Sebuah tendangan keras pemain pengganti, Guntur Triaji dari dalam kotak penalti usai memanfaatkan kerja sama apik Erwin dan Aldiano berhasil membobol gawang M. Natshir. Skor 2-0 untuk keunggulan PS TNI bertahan hingga laga usai.

Dengan kemenangan ini, PS TNI memastikan diri lolos ke babak perempat final dengan koleksi 11 poin, atau unggul dua angka dari tuan rumah Surabaya United yang juga lolos dengan status runner-up. Hebatnya lagi, PS TNI mencatatkan rekor tidak terkalahkan dari empat laga di fase grup.

Susunan Pemain
Persib:
M. Natshir, Dias Angga, David Pagbe, Achmad Jufriyanto, Jajang Sukmara, Hariono, Dedi Kusnandar, Makan Konate, Febri Haryadi, Yandi Sofyan, Gian Zola

PS TNI: Dhika Bhayangkara, Wiganda Pradika, Manahati Lestusen, Hardiantoro, Syaiful Ramadhan, Suhandi, Legimin Raharjo, Wawan Febrianto, Erwin Ramdani, Dimas Drajat, Tambun D. Naibaho


(ACF)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

4 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA