Bongkar Muat Masih Berlangsung, Mahasiswa Segel Pelabuhan Cirebon

Ahmad Rofahan    •    Senin, 30 Nov 2015 22:02 WIB
batu bara
Bongkar Muat Masih Berlangsung, Mahasiswa Segel Pelabuhan Cirebon
Sejumlah siswa memperlihatkan polusi yang diakibatkan aktivitas bongkar muat batu bara di Cirebon. Foto: Metrotvnews.com/Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Puluhan mahasiswa lintas provinsi yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Lintas Provinsi menyegel pintu masuk Pelabuhan Cirebon. Aksi tersebut merupakan salah satu bentuk protes terhadap aktivitas batu bara yang masih berjalan. Padahal, bongkar muat batu bara sudah sangat mengganggu aktivitas warga karena polusinya yang mengganggu kesehatan pernafasan.

Aksi unjuk rasa itu juga diikuti puluhan masyarakat Kota Cirebon yang tergabung dalam berbagai aliansi. Wawan Nur Rewa, koordinator lapangan aksi menyebutkan bongkar muat batu bara membuat masyarakat menderita. "Banyak bayi yang cacat karena terpapar debu batu bara," ujar mahasiswa asal Makassar itu, Senin (30/11/2015).

Para demonstran juga meminta pemerintah segera mentup aktivitas bongkar muat batu bara di Cirebon. Selain itu, mereka meminta aparat menangkap oknum pengusaha ilegal batu bara di Cirebon dan meminta pemerintah pusat menutup seluruh pabrik yang menggunakan energi batubara.

"Jika segel ini dibuka, mahasiswa dan masyarakat akan kembali melakukan aksi dengan jumlah yang lebih besar," kata Wawan.

Akibat aksi tersebut, aktivitas bongkar muat sempat terkendala. Selain dijaga petugas keamanan pelabuhan, aksi tersebut juga dijaga petugas kepolisian dari Polresta Cirebon.


(UWA)