Kampanye Hari AIDS Sedunia, Kemenkes Gandeng Kemenhub

Damar Iradat    •    Senin, 30 Nov 2015 23:43 WIB
Kampanye Hari AIDS Sedunia, Kemenkes Gandeng Kemenhub
Foto ilustrasi. (Ant/Basri Marzuki)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menyambut Hari AIDS Se-Dunia yang akan diperingati besok, 1 Desember 2015, Kementerian Kesehatan menggandeng Kementerian Perhubungan untuk mengkampanyekan hidup sehat tanpa HIV/AIDS. Tema yang diangkat yakni 'Perilaku Sehat'.

Sektor transportasi merupakan salah satu sektor yang rawan terpapar HIV, karena menyangkut mobilisasi dari satu tempat ke tempat lain. Baik mobilisasi antar kota, antar provinsi, antar pulau, bahkan antar negara, dengan beragam latar belakang yang memungkinkan terjadinya penularan HIV melalui hubungan seksual beresiko dan melalui pemakaian narkoba.

"Penularan HIV lewat transportasi umum, jangan disalahartikan, artinya tidak terjadi. Tapi kami promosinya lewat transportasi umum," kata Direktur Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes, Sigit Priohutomo, dalam temu media di Gedung Kemenkes, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (30/11/2015).

Dengan mobilitas yang cukup tinggi ini, lanjut Sigit, bisa saja membuat seseorang, khususnya pria melakukan seks yang beresiko menularkan HIV/AIDS.

"Bukan artinya (penularan) selama di transportasi, tapi saat sampai di tujuan, ada kecenderungan melakukan ke perilaku yang beresiko," ungkapnya.

Salah satu domain dalam mobilisasi yakni 3M; man, mobile with money. Pria yang berpergian dengan memegang uang. Itu yang beresiko.

"Biasanya kan orang berpergian membawa uang yang cukup banyak," kata dia.

Di sisi lain masih banyak pandangan dan pemahaman keliru terhadap infeksi HIV serta stigma pada ODHA di kalangan masyarakat, sehingga memicu timbulnya perlakuan yang diskriminatif terhadap ODHA

Sebagai salah satu anggota KPAN dan regulator di sektor transportasi, Kementerian Perhubungan memiliki peran yang cukup strategis dalam upaya penanggulangan HIV-AIDS di Indonesia khususnya di sektor transportasi.
(AZF)

Kondisi Novanto Sehat dan Bisa Hadiri Sidang

Kondisi Novanto Sehat dan Bisa Hadiri Sidang

1 hour Ago

Lembaga Antirasuah memastikan sidang perkara korupsi KTP-el digelar hari ini.

BERITA LAINNYA