9 Fakta tentang HIV/AIDS

Meilikhah    •    Selasa, 01 Dec 2015 09:59 WIB
hari aids
9 Fakta tentang HIV/AIDS
Ilustrasi. (Foto: ANTARA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Memperingati hari AIDS sedunia yang jatuh pada 1 Desember, human immunideficiency virus (HIV) AIDS masih menjadi salah satu tantangan kesehatan masyarakat paling signifikan di dunia.

Thomson Reuters Foundation mencatat, perempuan muda di negara-negara berpenghasilan kecil dan menengah seperti sub-Sahara Afrika menjadi salah satu negara paling berisiko terjangkit virus HIV/AIDS dengan angka yang cukup tinggi.

Virus HIV/AIDS pertama kali diidentifikasi pada 1984. Untuk menunjukan dukungan bagi orang dengan HIV/AIDS (ODHA) dan mengingat mereka yang meninggal akibat virus tersebut, diperingatilah 1 Desember sebagai hari AIDS sedunia.

Selain itu, ada fakta-fakta lain seputar HIV AIDS pada 2015 berdasarkan data-data yang dimiliki Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), UNICEF dan UNAIDS, di antaranya;

1. Secara global sekitar 36,9 juta orang, hidup dengan HIV termasuk di dalamnya 2,6 juta anak-anak.

2. Diperkirakan, ada 2 juta orang terinfeksi virus HIV AIDS pada 2014.

3. Jumlah kematian remaja karena AIDS meningkat tiga kali lipat dalam 15 tahun terakhir.

4. Diperkirakan, 34 juta orang telah meninggal akibat HIV AIDS, termasuk 1,2 juta diantaranya terjadi pada 2014.

5. AIDS menjadi alasan nomor satu penyebab kematian di kalangan remaja di Afrika dan kedua di kalangan remaja secara global.

6. Sub Sahara Afrika adalah wilayah dengan prevalensi tertinggi terinfeksi HIV/AIDS dengan perbandingan 7 dari 10 gadis remaja usia 15-19 tahun terjangkit virus mematikan tersebut.

7. Awal 2015, 15 juta orang menerima antiretroviral terapi. Jumlah ini lebih banyak ketimbang pada 2001 yang hanya 1 juta orang saja yang menerima pengobatan untuk perawatan infeksi HIV.

8. 51 persen orang dengan HIV mengetahui statusnya tanpa harus menjalani tes.

9. Kuba adalah negara pertama yang sukses menghilangkan penularan virus HIV dari ibu ke anak.


(MEL)