JK: Ekonomi Indonesia Masih Dipengaruhi Negara Lain

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 01 Dec 2015 11:13 WIB
ekonomi indonesia
JK: Ekonomi Indonesia Masih Dipengaruhi Negara Lain
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengatakan Indonesia bukanlah negara yang bisa memberi pengaruh terhadap kondisi ekonomi di negara lain. Justru, ekonomi Indonesia yang lebih banyak dipengaruhi oleh negara lain.

Hal tersebut disampaikan JK ketika memberikan keynote speech dalam acara Indonesia economic outlook 2015 yang diselenggarakan MetroTV dan Media Indonesia, di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (1/12/2015).

JK mengatakan dua negara besar yang sangat mempengaruhi Indonesia yakni Amerika dan Tiongkok. Lihat saja, ketika ekonomi Tiongkok menunjukkan penurunan pertumbuhan, hal tersebut sangat mempengaruhi pertumbuhan ekspor Indonesia yang selama ini mengandalkan komoditas. Pasalnya, Tiongkok saat ini lebih memperbesar ekspor barang konsumsi atau barang-barang jadi.

"Kalau pertumbuhan ekonomi Tiongkok menurun artinya kebutuhan nikel, batu bara sebagai barang komoditas lebih sedikit dan itu akan pengaruh ke ekonomi," kata JK.

Ekonomi Indonesia saat ini masih ada di bawah Filipina dan Malaysia meskipun berada di atas Singapura dan Thailand. Menurut dia, jika tidak di-manage dengan baik, ekonomi Indonesia bisa lebih turun lagi.

"Kalau mau di-manage dengan baik bisa naik. Artinya bagaimana dengan meningkatkan produktivitas dalam negeri," pungkas dia.


(AHL)