Sisir Anggaran Sementara, Ahok: Hemat Rp4,15 Triliun

Wanda Indana    •    Selasa, 01 Dec 2015 11:21 WIB
apbd dki 2016
Sisir Anggaran Sementara, Ahok: Hemat Rp4,15 Triliun
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama--MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama mengatakan pihaknya berhasil menghemat anggaran Rp4,15 triliun dari hasil penyisiran Kebijakan Umum APBD-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2016. 

"Bukan Rp1,4 triliun, tapi sampai Rp4,15 triliun," kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (1/12/2015).

Mantan Bupati Belitung Timur itu menjelaskan, total anggaran yang disisir dalam KUA-PPAS 2016 sebanyak Rp6,4 triliun. Sebanyak Rp2,2 triliun merupakan anggaran kegiatan yang mirip dan dimasukkan ke dalam satu nomenklatur. Sedangkan penghematan sebesar Rp4,15 triliun. 

Ahok melanjutkan, penghematan Rp4,15 triliun telah dialokasikan ke anggaran-anggaran yang lebih bermanfaat. Di antaranya, pembangunan rumah susun, pembelian alat berat, gaji Pekerja Harian Lepas (PHL), dan Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU). 

"Kami alokasikan untuk macam-macam. Misalnya ada untuk naikin gaji (PPSU/PHL) dari Rp2,7 juta ke Rp3,1 juta sesuai UMP tahun depan. Kami juga ada buat pembelian barang-barang di PU di kecamatan, serta ada juga untuk perumahan," bebernya.

Suami Veronica Tan itu memaparkan, pemborosan anggaran paling banyak terjadi di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta. Ahok bilang, dirinya sudah  memangkas berbagai anggaran, seperti anggaran festival, yang dianggarakan Rp10 miliar per kegiatan.



(MEL)