OJK Bentuk Konsorsium Pembiayaan Berorientasi Ekonomi Kreatif

   •    Selasa, 01 Dec 2015 12:32 WIB
ojk
OJK Bentuk Konsorsium Pembiayaan Berorientasi Ekonomi Kreatif
OJK (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Manado: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membentuk konsorsium pembiayaan industri yang berorientasi pada ekspor dan ekonomi kreatif serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Konsorsium ini diharapkan mampu mengangkat sektor tersebut di waktu-waktu mendatang.

"Pembentukan konsorsium pembiayaan tersebut agar selain memberikan pembiayaan ke industri orientasi ekspor tapi juga ke ekonomi kreatif serta UMKM," kata Kepala OJK Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara Dwi Suharyanto, seperti dikutip dari Antara, di Manado, Selasa (1/12/2015).

OJK bersama-sama dengan Kementerian Keuangan dan Badan Ekonomi Kreatif mendorong pembentukan konsorsium industri pembiayaan yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) bersama dengan lembaga Pembiyaan Ekspor Indonesia (LPEI) guna memberikan pembiayaan di sektor industri kreatif, berorientasi ekspor dan UMKM.

Dwi menilai, kebijakan itu merupakan sinergi industri keuangan non bank yang diharapkan akan mengakselerasi pembiayaan yang berorientasi ekspor, ekonomi kreatif, dan UMKM. "Potensi tambahan pembiayaan dan mekanisme ini adalah sebesar Rp5 triliun sampai Rp10 triliun," jelasnya.

Berdasarkan data dari rencana aksi jangka menengah ekonomi kreatif 2015-2019, ekonomi kreatif menyumbang 7,5 persen terhadap PDB nasional dan kontribusi terhadap ekspor nasional 5,7 persen. Namun, kontribusi ekonomi kreatif dalam pertumbuhan penciptaan lapangan kerja baru dua persen atau sekitar 250 ribu lapangan kerja baru per tahun.

"Dengan inisiatif ini diharapkan kontribusi ekonomi kreatif terhadap PDB nasional dan penciptaan lapangan kerja baru akan semakin meningkat juga di daerah," pungkasnya.


(ABD)