Pemimpin Dunia Harus Antre Berjam-jam untuk Naik Podium COP21

Willy Haryono    •    Selasa, 01 Dec 2015 13:53 WIB
cop21
Pemimpin Dunia Harus Antre Berjam-jam untuk Naik Podium COP21
Menara Eiffel di Paris, Prancis, disorot sinar berwarna hijau untuk menyampaikan pesan perubahan iklim di hari pertama KTT COP21, Senin (30/11/2015). (Foto: AFP/STEPHANE DE SAKUTIN)

Metrotvnews.com, Paris: KTT Perubahan Iklim COP21 di Paris begitu padat, beberapa pemimpin dunia harus menanti hingga berjam-jam untuk dapat berbicara di podium. 

Seperti dilansir Associated Press, sekitar 150 pemimpin dunia hadir di COP21. Mereka menanti giliran untuk dapat menyampaikan rencana masing-masing dalam memerangi pemanasan global. 

Karena beragamnya durasi pidato masing-masing kepala negara, jadwal orisinal yang dibuat penyelenggara menjadi kacau. 

Sementara itu di pertemuan sela energi bersih yang dirintis Bill Gates, belasan kepala negara menanti kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama selama 45 menit. 

Sebagian kepala negara membuat grup diskusi informal, sebagian lainnya memilih duduk terdiam. 

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto berbincang-bincang dengan Menteri Lingkungan Hidup Prancis Segolene Royal, sementara Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dengan Presiden Chile Michele Bachelet dan PM Norwegia Erna Solberg. 

Abe, Bachelet dan Solberg akhirnya memutuskan berpidato di podium COP21 tanpa kehadiran Obama. 

"Saya bertanggung jawab atas waktu antre," kata Presiden Prancis Francois Hollande dengan nada bergurau. 

COP21 digelar untuk membuat semacam perjanjian mengikat untuk melawan efek pemanasan global. Lewat perjanjian ini, nantinya negara-negara dunia harus bersedia melakukan sejumlah langkah tegas, seperti memangkas emisi gas rumah kaca dari sektor industri. 


(WIL)