Bangunan dan Kawasan Pura Mangkunegaran akan Direstorasi

Antara    •    Selasa, 01 Dec 2015 14:01 WIB
cagar budaya
Bangunan dan Kawasan Pura Mangkunegaran akan Direstorasi
Sendratari Matah Ati dipentaskan di Pamedan Mangkunegaran beberapa waktu lalu. (Ant/Susanto)

Metrotvnews.com, Solo: Guna penyelamatan bangunan kuno, Pura Mangkunegaran di Solo, Jawa Tengah, akan direstorasi total. Pemulihan bangunan dan kawasan ini akan dimulai tahun 2017.

Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Pemkot Solo Agus Djoko Witiarso mengatakan, restorasi Pura Mangkunegaran itu dijadwalkan mulai tahun anggaran 2017 oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Ia mengatakan, kepastian restorasi didapat dari Direktur Cipta Karya Kementerian PU-PR yang menyatakan akan
melakukan restorasi secara menyeluruh terhadap bangunan Pura Mangkunegaran. 

Dia mengatakan, Kementerian PU-PR menargetkan restorasi Mangkunegaran selesai secara menyeluruh pada 2018. Untuk tahap awal, tahun depan akan dimulai dengan inventarisasi bangunan Mangkunegaran. 

Terkait penataan kawasan Mangkunegaran, dia mengatakan direncanakan pula menyasar ke koridor Ngarsopuro, belakang, dan juga sisi timur Mangkunegaran. Untuk koridor Ngarsopuro, pemkot sudah melaksanakan penataan
di sana.

Agus mengatakan penataan tinggal menyasar ke belakang dan timur Mangkunegaran. "Kami akan menyusun konsep penataan untuk belakang dan timur Mangkunegaran. Mudah-mudahan bisa selesai secepatnya," kata Agus, Selasa (1/12/2015).


(SAN)