Politikus Gerindra Minta MKD Verifikasi Bukti Sebelum Sidang

Githa Farahdina    •    Selasa, 01 Dec 2015 14:08 WIB
pencatut nama presiden
Politikus Gerindra Minta MKD Verifikasi Bukti Sebelum Sidang
Sufmi Dasco Ahmad------MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Sufmi Dasco Ahmad menyebut apa yang dipersoalkan beberapa anggota dalam rapat kasus Ketua DPR Setya Novanto tak bisa dipandang sebelah mata. Soal verifikasi alat bukti dinilai penting agar kasus tak bermasalah di tengah atau akhir pengusutan.

Menurut Dasco, Tata Beracara MKD mengatur verifikasi alat bukti dilakukan sebelum menentukan jadwal sidang. MKD tak boleh melewatkan aturan tersebut karena beralasan dikejar waktu atau masukan dari yang ingin kasus ini cepat.

"Terus kita tak melihat aturan?" kata politikus Partai Gerindra ini di Kompleks Parlemen, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/12/2015).

Dalam rapat semalam, Dasco mengakui, perdebatan ini berlangsung alot. Tapi, Dasco membantah jika ada yang sampai menggebrak meja dalam rapat. Sepengetahuan Dasco, hanya ada perdebatan dengan intonasi suara tinggi karena terlalu bersemangat.

"Itu bukan gebrak meja, gebrak meja kan konotasinya marah," ujar anggota Komisi III ini.

Tapi, Dasco enggan menceritakan siapa yang sempat bersuara dengan intonasi tinggi. Toh, berargumen menjadi hal yang biasa dalam setiap rapat.

Kemarin, sidang Mahkamah tak mencapai kata mufakat. Sejak awal sidang berjalan alot. Masalah lama diungkit sejumlah anggota MKD yang baru. Salah satunya dari Golkar.

Tiga anggota baru dari Golkar memotori peninjauan ulang putusan MKD soal legal standing Sudirman Said. Usulan itu diikuti anggota baru dari fraksi lain. Anggota baru MKD ini malah menyebut Mahkamah tak berwenang mengusut kasus Novanto.

Siang ini, MKD kembali menggelar rapat internal. Jika semua perdebatan selesai, rapat bisa langsung dilanjutkan menentukan jadwal sidang dan pemanggilan saksi-saksi.


(TII)

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

23 minutes Ago

Miryam mengaku mendapat tekanan selama menjalani pemeriksaan di KPK dan menyesalkan sikap jaksa…

BERITA LAINNYA