Pemerintah DKI Selidiki Pencemaran Pantai Ancol

Wanda Indana    •    Selasa, 01 Dec 2015 14:11 WIB
pencemaran
Pemerintah DKI Selidiki Pencemaran Pantai Ancol
Ribuan ikan mati dan terapung di sepanjang Pantai Ancol, Jakarta Utara. (Foto:Antara/Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyelidiki pencemaran di pantai Ancol yang menyebabkan ribuan ikan mati. Pantai Ancol, Jakarta Utara, diduga tercemar dari limbah sungai.
 
Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama mengatakan, dirinya sudah mengintruksikan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI untuk meneliti penyebab kematian ribuan ikan. Ahok minta ikan diamankan agar tidak dikonsumsi
 
"BPLHD lagi teliti. Ada aliran air yang tercemar polusi, masuk ke laut, makanya ikan di pantai Ancol mati. Ikan harusnya tidak boleh dikonsumsi," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (1/12/2015).
 
Mantan Bupati Belitung Timur itu mengungkapkan, pihaknya juga menemukan ikan mati di kolam ikan Epicentrum yang dialiri sungai. Ahok bilang, ikan-ikan yang mati di epicentrum berasal dari pencemaran air dari hulu.
 
"Aliran yang di Epicentrum itu kan bukan sungai, tapi kolam, pada mati juga ikannya. Ketika debit air sungai naik, airnya masuk ke kolam ikan," jelas Ahok.
 
Mantan Bupati Belitung Timur itu menafik dugaan ribuan ikan yang mati di Pantai Ancol berasal dari laut. Ahok juga membantah, reklamasi pulau di teluk Jakarta menjadi penyebab kematian ribuan ikan. "Tidak ada. Orang sungai dari atas kok, reklamasi dari laut. Kalau dari laut tidak mungkin,” ujarnya.


(FZN)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

8 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA