Pemimpin Negara Kepulauan Kecil Minta Bantuan di COP21

Willy Haryono    •    Selasa, 01 Dec 2015 14:56 WIB
cop21
Pemimpin Negara Kepulauan Kecil Minta Bantuan di COP21
Presiden Micronesia Peter Christian di KTT Perubahan Iklim COP21 di Le Bourget, wilayah pinggiran Paris, Prancis, Senin (30/11/2015). (Foto: AFP/ALAIN JOCARD)

Metrotvnews.com, Paris: Pemimpin sejumlah negara kepulauan meminta bantuan di KTT Perubahan Iklim COP21 di Le Bourget, wilayah pinggiran Paris, Prancis, Senin (30/11/2015).

Mereka meminta negara maju untuk memangkas emisi karbon dan menyelamatkan negara yang terancam terkena dampak perubahan iklim, seperti meningkatnya level permukaan air laut dan cuaca buruk yang tak menentu.

Peter M. Christian, Presiden Micronesia, menyerukan kepada Sekjen PBB Ban Ki-moon untuk segera mendeklarasikan status darurat berskala global terkait perubahan iklim. 

"Tantangannya adalah untuk menyelamatkan diri kami sendiri, bukan orang lain, tapi diri kami sendiri," tutur Christian, seperti dilansir Associated Press. 

Perdana Menteri Tuvalu, Enele Sosene Sopoaga, menambahkan "jika temperatur (Bumi) meningkat lagi, maka nasib Tuvalu akan benar-benar terpuruk."

Micronesia dan Tuvalu adalah dua dari beberapa negara kepulauan di Samudera Pasifik. 

Christian dan Sopoaga berbicara di pembukaan COP21, forum dialog yang bertujuan membuat perjanjian mengikat untuk mengantisipasi perubahan iklim yang kian mengancam kehidupan di muka Bumi.


(WIL)