KPU Imbau Warga Bawa Kamera ke TPS

M Rodhi Aulia    •    Selasa, 01 Dec 2015 16:26 WIB
pilkada serentak
KPU Imbau Warga Bawa Kamera ke TPS
Polisi mengamankan proses pemungutan suara. (Foto: Antara/Rivan Awal Lingga)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengimbau warga membawa kamera saat menggunakan hak suaranya di tempat pemungutan suara (TPS) pada Pilkada serentak 9 Desember mendatang. Warga diminta mengabadikan tiap pelanggaran yang terjadi di TPS.
 
"Selintas melarang ada larangan foto atau membawa telepon genggam berkamera, itu hanya berlaku di bilik suara. Kalau di TPS secara umum boleh," kata Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (1/12/2015).
 
Hadar mengundang seluruh warga untuk berlomba-lomba mengabadikan proses dan hasil penghitungan suara di masing-masing TPS. Hal itu dapat membantu KPU atau penyelenggara pemilu lain untuk mengontrol jalannya Pilkada yang transparan.
 
"Kami mengundang untuk memfotonya. Agar disebarluaskan dan membantu kami mengontrol," ujar dia.
 
Hadar menegaskan, semua anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara dan panitia pemungutan suara, khususnya bagian penunggu tinta, harus memastikan mengenai kuku pemilih. Sebab, jika hanya ditempel dan tidak mengenai kuku, warna tinta mudah luntur. Dikhawatirkan pemilih akan berbuat curang.


(FZN)