Bupati Rencanakan Periksa Kesehatan Pasangan akan Menikah

Nurul Hidayat    •    Selasa, 01 Dec 2015 16:48 WIB
aids
Bupati Rencanakan Periksa Kesehatan Pasangan akan Menikah
Petugas mengambil sampel darah untuk mendeteksi HIV AIDS di Tulungagung, Ant - Destyan Sujarwoko

Metrotvnews.com, Jombang: Bupati Jombang Nyono Suharli merencanakan pemeriksaan kesehatan pasangan yang akan menikah di Jombang, Jawa Timur. Rencana itu bertujuan menekan angka penyebaran HIV/AIDS di Jombang.

Sejak Januari hingga Oktober 2015, 137 kasus HIV/AIDS ditemukan di Jombang. Sebanyak 25 di antaranya merupakan orang yang hidup dengan AIDS (ODHA).

Untuk menekan angka penyebaran HIV/AIDS, Bupati Nyono pun mengatakan akan berkoordinasi dengan Kementerian Agama wilayah Jombang dan dinas kesehatan setempat. Salah satu caranya yaitu memeriksa kesehatan pasangan yang akan menikah.

"Bagaimana aturannya, kita lihat nanti," kata Bupati di Jombang, Selasa (1/12/2015).

Bupati mengatakan pemeriksaan dapat dilakukan di Kantor Urusan Agama (KUA). Metodenya yaitu dengan Konseling dan Tes HIV atau dikenal dengan istilah  Voluntary Counseling and Testing (VCT). Pendeteksiannya melibatkan petugas dinas kesehatan dan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA).

"Bukan berarti pasangan yang positif HIV dilarang menikah. Tapi mereka diberi wawasan mengenai HIV/AIDS, bagaimana menangkal penularannya sebelum membahayakan pasangan dan anak-anaknya," ujar Nyono.


(RRN)