PLN Tunda Pencabutan Subsidi Pelanggan Ini

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 01 Dec 2015 16:59 WIB
listrik
PLN Tunda Pencabutan Subsidi Pelanggan Ini
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Vitalis Yogi Trisna

Metrotvnews.com, Jakarta: PT PLN (Persero) meyakini penyisiran ulang pelanggan golongan 900 VA yang mendapatkan subsidi bisa dilakukan dalam waktu tiga bulan. Sehingga pelanggan masih akan tetap merasakan subsidi sampai tiga bulan ke depan.

Kepala Divisi Niaga PLN, Benny Marbun menjelaskan, Pemerintah meminta PLN untuk menyisir ulang pelanggan PLN 900 VA yang mendapatkan subsidi. Hal itu dikarenakan di antara pelanggan yang menggunakan daya 900 VA merupakan pelanggan-pelanggan mampu. Sehingga setelah penyisiran ini dilakukan, yang seharusnya tidak mendapatkan subsidi, subsidinya akan dicabut.

"Kami upayakan tiga sampai empat bulan bisa terdata. Kami optimistis bisa tidak lebih dari tiga bulan. Khusus 900 VA dulu," ungkap Benny di Kantor Pusat PLN, Jalan Trunojoyo, Blok M, Jakarta, Selasa (1/12/2015).

Benny menjelaskan, pencabutan subsidi bagi masyarakat mampu ini seharusnya dilakukan mulai 1 Januari 2016. Tapi karena ada penyisisiran ulang, subsidi baru akan dicabut tiga bulan ke depan usai penyisiran.

"Hingga saat ini belum ada perubahan per 1 Januari 2016 rencananya, dari DPR. Menugaskan pemerintah untuk menyalurkan subsidi listrik hanya bagi yang tidak mampu saja. Artinya masyarakat miskin dan rentan miskin sesuai dengan data TNP2K," jelas dia.

Benny menyebutkan untuk pelanggan PLN dengan golongan 900 VA sebanyak 27 juta sampai 28 juta pelanggan. Sedangkan yang rentan miskin hanya tiga sampai empat juta saja. Dengan penyisiran ulang berdasarkan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Keiskinan (TNP2K) diharapkan data yang dihasilkan terkait penerima subsidi lebih akurat.

"Mudah-mudahan dalam waktu dua sampai tiga bulan ini selesai pendataannya. Kami akan laporkan ke Pemerintah data akurat, Jangan sampai ada rumah tangga benar miskin tidak dapat subsidi karena data tidak akurat," pungkas dia.


(AHL)