Surat Suara Banyak Lubang Tetap Sah Asal Simetris

M Rodhi Aulia    •    Selasa, 01 Dec 2015 17:15 WIB
pilkada serentak
Surat Suara Banyak Lubang Tetap Sah Asal Simetris
Komisioner KPU, Hadar Nafis Gumay. (Foto: MI/Atet)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetap menganggap sah surat suara yang tercoblos menembus lipatan. Syaratnya, lubang harus simentris.
 
Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay mengatakan, masih ada pemilih yang terburu-buru tidak membuka lipatan surat suara secara keseluruhan. Pemilih hanya membuka surat suara yang menyisakan dua lipatan. Sisi lipatan pertama bergambar foto pasangan calon dan di belakangnya gambar depan surat suara bagian atas yang berisi identitas daerahnya.
 
Ketika dicoblos tepat di dalam salah satu kolom foto bergambar pasangan calon tertentu, dan lubang hasil coblosannya sama, di sisi lipatan depan dan belakang, berikut jarak centimeter dari setiap sisinya sama, Hadar menyatakan surat suara itu sah.
 
"Kalau bolongnya tidak simetris. Berarti pilihan dia tidak jelas dan tidak sah. Sepanjang (lubang coblosannya) simetris, dia sah," kata Hadar di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (1/12/2015).
 
Hadar mengungkapkan, per Senin, 30 November 2015, sebanyak 269 daerah sedang melakukan proses produksi semua kebutuhan logistik pilkada. Hampir 100 persen kebutuhan logistik sudah terpenuhi untuk kemudian didistribusikan ke masing-masing daerah. "Sebanyak 96 persen atau 258 daerah sudah menerima logistik," kata Hadar.
 
Hal yang menjadi kekhawatiran KPU, kata Hadar, lebih dari 50 persen dana Pilkada di daerah belum cair. Ia mencontohkan di Kabupaten Yahukimo, Papua. Akibatnya, penyelenggara pemilu setempat melakukan protes dengan menutup kantor lantaran honornya belum cair.
 
"Kami sangat berharap (anggaran) ini bisa dipenuhi. Kami akan sangat sulit bekerja atau sama sekali tidak bisa bekerja, kalau dana ini tidak diturunkan,” ujarnya.


(FZN)