Prancis Tangkap Dua Pria yang Coba Gabung ISIS

Willy Haryono    •    Selasa, 01 Dec 2015 17:28 WIB
isis
Prancis Tangkap Dua Pria yang Coba Gabung ISIS
Seorang polisi bersiaga di depan Teater Bataclan di Paris, Prancis, 25 November 2015. (Foto: AFP/KENZO TRIBOUILLARD)

Metrotvnews.com, Paris: Prancis menangkap dua pria yang berusaha bergabung dengan kelompok militan Islamic State (ISIS) di Libya, lapor seorang sumber yudisial kepada AFP, Senin (30/11/2015).

Tersangka, berusia 19 dan 20, mengaku sedang bertolak menuju sebuah kamp pelatihan agar dapat berperang di Suriah. Keduanya ditangkap di wilayah selatan Tunisia dan diterbangkan ke Prancis pada 13 November, hari terjadinya serangkaian serangan teror di Paris. 

Ini merupakan kali pertamanya warga Prancis ditangkap karena berusaha bergabung dengan grup ekstremis di Libya, negara tempat bermukimnya grup terafiliasi ISIS di kota Sirte. 

Menurut seorang sumber, dua pria asal Prancis itu, satu dari Lyon dan satu dari Marseille, tidak saling mengenal sebelum bertemu di Tunisia. 

Pacar salah satu pria itu, yang menjadi mualaf dan sempat berniat bergabung dengan kekasihnya di Libya, juga ditangkap petugas atas keterlibatan dalam kasus terorisme.

Tunisia menutup perbatasannya dengan Libya selama dua pekan setelah terjadinya serangan terhadap sebuah bus berisi pasukan penjaga presiden. Sedikitnya 12 agen tewas dalam kejadian tersebut. 

Otoritas Tunisia meyakini ekstremis yang melancarkan serangan mematikan di Museum Bardo pada Maret, dan di hotel Sousse pada Juni, mendapatkan pelatihan di Libya.


(WIL)